Tanya Dokter

  • cara penyembuhan benjolan dimata yang terus muncul

  • selamat pagi Dok, saya Ambar umur saya 24 tahun. saya ingin bertanya tentang gangguan benjolan di mata saya ( menurut artikel kalazion, koreksi jika saya salah ). berawal dari setahun yg lalu, terdapat dua benjolan dikelopak mata kanan atas. karna tidak terasa sakit, saya sempat mengacuhkannya selama beberapa bulan, namun karna tidak kunjung hilang saya memutuskan untuk periksa kedokter dan ternyata dilakukan tindakan insisi. saya mengakui sebelum muncul benjolan tsb, saya jarang menghapus/membersihkan makeup. setelah insisi dilakukan, beberapa bulan kemudian di mata kiri muncul dan dilakukan insisi juga. namun beberapa bulan muncul lagi di mata kanan dan selalu berlanjut hingga beberapa kali mata saya di insisi. saya sempat bertanya kepada dokter apakah ada pntangan makan untuk saya mengingat benjolan tsb selalu muncul (disertai nanah), namun dokter menjawab tidak ada pantangan makanan dan dokter tsb menyebut dahulu terdapat psien yg mengalami hal yg sama seperti saya (benjolan sealu muncul) namun bisa hilang dengan sendirinya. setelah beberapa bulan yg lalu saya di insisi, benjolan tsb muncul lagi di mata saya. saya takut Dok, saya tidak mau di insisi lagi, karna kelopak mata atas saya sudah berwarna hitam dan apabila saya cuci muka, kelopak tsb menjadi merah. saya harus apa ya Dok untuk menghilangkan benjolan tsb? apakah harus di insisi lagi? apakah sebenernya ada pantangan makanan untuk saya? Terima kasih banyak Dokter..

    Dear Ambar,

    Benjolan di kelopak mata dapat disebabkan oleh:

     


    Kalazion adalah benjolan pada kelopak mata akibat gangguan fungsi kelenjar meibom. Kelenjar ini secara normal berfungsi untuk menghasilkan komponen lemak yang membantu membuat lapisan luar mata tetap lembap. Gangguan terhadap fungsinya dapat menyebabkan mata kering. Penyumbatan kelenjar meibom menimbulkan benjolan yang berisi cairan, inilah yang dinamakan kalazion.

    Kalazion umumnya tidak berbahaya namun jika ukurannya kian membesar bisa menekan bola mata sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Seperempat hingga setengah penderita kalazion akan sembuh dengan sendirinya dalam setelah dua minggu hingga enam bulan.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata di mana dokter akan menganalisis gejala dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Terapi yang tepat akan dokter berikan.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

     

    • hindari mengosok-gosok area mata
    • hindari menggaruknya
    • hindari mengobati sendiri keluhan ini tanpa resep dokter
    • jaga selalu kebersihan kulit termasuk area mata
    • cuci tangan sebelum dan seudah mengabati benjolan
    • jangan memencet atau memecahkan benjolan

     


    Artikel yang bisa Anda baca:

     

    Benjolan kelopak mata

     

    Semoga bermanfaat dan salam,

     

    dr. Rony Wijaya