Tanya Dokter

  • Cara penyembuhan patah tulang bagian tulang paha dan tulang kering

  •  Angel Pardede
    Anggota
    Selamat malam. Pa, saya mau bertanya. Saya kan baru selesai operasi Patah tulang paha dan tulang kering sekitar 3 bln yng lalu saya selesai operasi. Tapi saya sekarang sudah lepas tongkat, tapi masih sampai sekarang kaki saya masih sakit dan kadang ngilu gitu dok, dan masih pincang, menurut dokter apakah kaki saya penyembuhan total nya kapan bisa penyembuhannya,dan saya masih merasa kesakitan begitu dok, tolong jawabannya yah dok, terimakasihhh

    Haii Angel,

    Tulang paha merupakan tulang panjang terbesar dan terkuat dalam tubuh kita. Setelah mengalami patah tulang paha, umumnya diperlukan waktu selama 3-6 bulan agar tulang tersebut dapat menyatu kembali. Sementara tulang kering (tibia) juga membutuhkan waktu 10 minggu atau lebih. Seperti kita ketahui bahwa paha hingga tungkai dan kaki merupakan bagian tubuh yang penting untuk menyangga berat tubuh. Patah tulang paha ditambah dengan patah tulang kering tentu membutuhkan penyembuhan ekstra.

    Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penyembuhan tulang itu sendiri seperti usia, jenis patah tulang itu sendiri, beratnya patah tulang dan cedera pada area yang patah itu sendiri (misalkan cedera pembuluh darah), pengobatan, infeksi, dan nutrisi.

    Nyeri, ngilu, itu merupakan hal umum yang dikeluhkan pasien. Hal ini sangat wajar terjadi dalam proses penyembuhan patah tulang, terlebih tulang paha. Pasien tentu akan mengalami beberapa tahap masalah sebelum dapat berjalan normal lagi. Memang pada beberapa kasus patah tulang paha dapat terjadi pemendekan tulang dan dalam ukuran tertentu dapat mengakibatkan gangguan saat berjalan (seperti pincang). Meskipun demikian, pincang dalam proses penyembuhan patah tulang dapat pula terjadi karena respon nyeri atau ngilu yang muncul ketika kaki mulai ditapakkan setelah sekian bulan beristirahat total.

    Tidak dapat saya pastikan waktu paling tepat Anda dapat berjalan normal lagi karena seperti tadi telah saya jelaskan, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan patah tulang itu sendiri. Meskipun demikian, bila dalam waktu 3 bulan dokter Anda telah menyarankan Anda lepas tongkat, itu menunjukkan bahwa telah terjadi pembentukan kalus yang cukup kuat untuk menyatukan fragmen tulang yang patah. Dengan demikian, kemungkinan penyembuhan lebih baik lagi dapat terjadi dalam waktu yang barangkali singkat. Kini yang perlu Anda lakukan adalah rajin berlatih untuk berjalan, hindari dahulu mengambil aktivitas berat yang melibatkan tubuh bagian bawah (sampai Anda benar-benar pulih) dan tingkatkan konsumsi makanan sehat.

    Satu lagi, lakukan kontrol rutin tiap bulan atau sesuai jadwal yang ditentukan oleh Dokter Spesialis Orthopedi Anda. Bila Anda merasa kesulitan dalam masa penyembuhan  saat ini, termasuk kendala pincang yang Anda alami, diskusikanlah lebih lanjut bersama beliau.

    Demikian, semoga membantu

    Terima kasih