Tanya Dokter

  • Cara penyembuhan penyakit HSP

  •  aris aditya k
    Anggota

    selamat sore dok..

    adik saya perempaun umur 15 tahun,sudah hampir 3 minggu terkena HSP.. dua kali masuk rs tapi belum ada hasil..sekarang rawat obat jalan saja.. akan tetapi ruam merah dan ungu terus saja timbul,dan perut mual terus, muntah terus setiap selesai makan/minum..sampai muntah ada darah juga dok..
    apakah yang harus dilakukan untuk selanjutnya dok?

     

    Halo aris.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang Anda maksud dengan HSP adalah penyakit Henoch-Schonleon purpura, maka kondisi ini merupakan penyakit yang diakibatkan Peradangan pembuluh darah pada kulit, sendi, usus, dan ginjal yang dapat menimbulkan Ruam berwarna merah atau ungu pada kulit.

    Penyakit yang tergolong jarang ini umumnya diderita oleh anak a- nak berusia 10 tahun. HSP tidak menular dan tidak diturunkan didalam keluarga. Sebagian besar penderita HSP dapat pulih dalam waktu beberapa minggu.

    Kondisi HSP disebabkan oleh karena terdapatnya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh infeksi sebelumnya. Pada sebagian besar penderita, HSP terjadi setelah mengalami infeksi virus atau bakteri pada tenggorokan dan paru-paru.

    Jika HSP telah menyebabkan komplikasi atau sudah parah, perawatan di Rumah Sakit biasanya disarankan. Tindakan operasi biasanya juga akan direkomendasikan jika sudah mengakibatkan usus terlipat atau pecah.

    Umumnya HSP dapat pulih sepenuhnya dalam waktu kurang lebih delapan minggu. Meski sudah pulih, pemeriksaan lanjutan, seperti tes Urin dan darah tetap perlu dilakukan secara rutin karena penderita berisiko mengalami gangguan ginjal.

    Jika gejala - gejala yang dialami oleh adik Anda semakin memburuk, maka yang harus dilakukan oleh Anda dan keluarga saat ini adalah membawa kembali adik Anda ke rumah sakit, agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HSP

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati