Tanya Dokter

  • Cara penyembuhan vertigo itu bagaimana?

  •  Yaya Liya
    Anggota

    Begini dok,,ibu saya mengalami gejala vertigo.. Ibu juga sudah memriksaan kedokter THT bahkan kedokter saraf bahkan obat yg dianjurkan rutin diminum tpi msih blum kunjung membaik, ibu saya masih merasakan kupingnya terasa sangat gatal. Gimana sebaiknya ya dok? Untuk mengurangi/mencegah rasa gatal ditelinganya... Terimakasih dok,

    Halo Yaya...   Sebelumnya akan lebih jelas  jika Anda menanyakan kepada dokter THT dan saraf yang pernah Anda kunjungi untuk memeriksa ibu Anda apa penyebab vertigo ibu dan penanganan terbaik selain pengobatan yang sudah diberikan. Vertigo merupakan sensasi berputar yang dirasakan oleh pasien atau pasien merasa sekelilingnya menjadi berputar, terkadang vertigo juga bisa diasosiasikan dengan gejala lain seperti :

    1. Telinga berdenging
    2. Telinga terasa penuh
    3. Nyeri pada telinga
    4. Kehilangan keseimbangan = seperti terjatuh, goyang,melayang, mabuk dll.
    5. Turunnya fungsi pendengaran.
    6. mual -muntah
    7. Sakit kepala
    Namun sangat jarang sekali vertigo diasosiasikan dengan rasa gatal pada telinga. Sehingga untuk mengetahui apa penyebab telinga ibu Anda menjadi gatal perlu dilakukan pemeriksaan secara seksama oleh dokter THT. Baca topik Vertigo. Beberapa kemungkinan penyebab gatal pada telinga tersering antara lain adalah :
    1. Radang telinga luar (otitis eksterna)
    2. Infeksi telinga tengah
    3. Kotoran telinga yang menyumbat
    4. Alergi
    5. Penyakit kulit = psoriasis, dermatitis seboroik, eksim.
    6. Infeksi jamur pada telinga
    7. Kondisi psikologis = stress, kecemasan
    8. Adanya benda asing pada telinga
    9. dll.
    Baca anatomi telinga. Untuk mengetahui penyebab pasti rasa gatal apda telinga ibu Anda maka pemeriksaan ke dokter THT akan sangat membantu. Dokter THT akan memeriksa kondisi telinga ibu Anda secara seksama dan melakukan tes medis lain seperti otoskopi, CT SCAN, tes darah dll untuk melihat kondisi telinga ibu Anda. Jika dokter THT tidak menemukan adanya kelainan pada telinga Anda maka sebaiknya Anda menghubungi dokter penyakit dalam sub bagian alergi imunologi untuk mengetahui apakah ada permasalahan lain yang menyebabkan telinga terasa gatal. Untuk mengurangi rasa gatal Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti :
    1. bersihkan telinga Anda.
    2. Bersihkan bagian luar telinga Anda dengan kapas lembut dan cairan antiseptik ringan.
    3. Hindari berenang sementara waktu.
    4. Oleskan salep / lotion pereda gatal seperti lotion calamin.
    5. Memberikan obat  tetes telinga sesuai anjuran dokter.
    6. Hindari faktor alergen, jika ada.
    Semoga membantu.   dr. Yusi