Tanya Dokter

  • Cara terapi mata juling

  • Dok, saya zinedin umur saya 18, mata saya juling dimana mata kiri melenceng kiri dan mata kanan lurus, kadang yg kanan ke kanan atas dan mata kiri luru. Saya pernah totok syaraf dan hasilnya bisa lurus tetapi mata kanan saya masih agak keatas, itu gimana yaa dok terapinya?

    Hai,

    Mata juling atau strabismus merupakan gangguan kedudukan bola mata yang tidak sejajar satu sama lain. Strabismus bisa bersifat manifes atau laten. Manifes berarti kedudukan bola mata tidak sejajar secara menetap, sedangkan laten berarti kedudukan bola mata baru menjadi tidak sejajar apabila mata yang satu sedang tidak fokus.

    Strabismus bisa disebabkan oleh kelainan panjang otot penggerak bola mata atau kelainan saraf penggerak bola mata. Strabismus juga berkaitan dengan gangguan penglihatan masa kanak, yaitu ambliopia / mata malas. Diagnosis strabismus memerlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Spesialis Mata.

    Pilihan penanganan strabismus meliputi pemakaian lensa khusus (prisma), tutup mata (eye patch) dan mungkin pembedahan pada kasus tertentu. Penanganan akan disesuaikan dengan derajat dan penyebab strabismus. Baca juga artikel tentang mata juling.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma