Tanya Dokter

  • cara untuk mencegah gejala asma

  • Pagi dok... Saat kamis minggu lalu anak saya sakit batuk" terus seperti batuk yg dahak nya tidak keluar dan harus di uap. Pas anak saya berobat ke dokter spesialis anak kata dokter nya anak sya kena gejala asma. Lalu sya tanya dok klo saya minta di uap batuk dan gejala nya akan sembuh tidak,? Dokter jawab ya boleh di uap tpi sehabis di uap ada perubahan anak ibu kena gejala asama. Setelah di uap dan di kasih obat bentuk puyer wrn putih. batuk anak sya sudah tidak terlalu parah sperti mggu lalu. Pertanyaan sya apakah gejala asma yg di derita anak sya apa kah sudah sembuh atw blm..??? Trakasih Krn sya blm smpet kontrol lgi ke dokter spesialis anak.

    Hai, Asma merupakan suatu penyakit yang berjangka panjang. Asma disebabkan adanya hipersensitivitas dari saluran pernafasan yang disebut bronkus. Bronkus merupakan bagian dari saluran yang mengalirkan udara dari hidung menuju paru-paru. Pada orang yang menderita asma, bronkus akan menjadi lebih  mudah untuk meradang dibandungkan dengan orang normal. Apabila bronkus meradang, maka gejala-gejala serangan asma baru akan muncul. Namun jika sedang tidak terjadi serangan, maka seorang penderita asma tidak akan merasakan adanya gejala-gejala asma, meskipun bronkus yang sensitif tersebut tetap ada. Peradangan bronkus tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal yang umumnya pada orang lain tidak akan memicu reaksi apa-apa pada bronkus, seperti :

    1. debu
    2. udara dingin
    3. serbuk sari bunga
    4. bulu hewan
    5. asap rokok
    6. dan lainnya
    Gejala-gejala yang muncul bila terjadi serangan pada seorang penderita asma diantaranya adalah sesak nafas, ada suara mengi, dan batuk-batuk. Jika terjadi gejala-gejala serangan asma tersebut pada anak Anda, segera periksakan kembali ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan nebulisasi /uap jika diperlukan, serta akan memberikan obat untuk diminum di rumah. Asma pada anak harus terus dipantau. Pada beberapa kasus Asma dapat sembuh ketika anak menginjak usia remaja, namun ada pula yang terus-menerus menderita asma hingga tua. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya serangan asma :
    • mengenali pemicu terjadinya asma dan menghindarinya
    • segera mengenali tanda serangan asma dan mengobati secepatnya
    • mengikuti rencana penanganan Asma yang dibuat oleh dokter
    • meminum obat dari dokter secara teratur
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.