Tanya Dokter

  • cara untuk mengecilkan perut buncit

  •  Fardiansyah
    Anggota

    malam dok, saya fitri, umur 21 tahun. belum menikah. saya mau tanya dok. saya punya masalah dengan perut saya yang agak buncit, karena kebiasaan saya banyak makan, jarang olahraga, bahkan tidak pernah olahraga. Ditambah lagi kebiasaan buruk saya, sehabis makan langsung dibawa tiduran. gerakan apa saja yang bisa mengecilkan perut buncit dok? terima kasih :)

    Hai,   Untuk memiliki perut rata yang proporsional, langkah yang Anda harus perhatikan adalah :

    1. Menurunkan berat badan secara keseluruhan.
    2. Mengatur perubahan pola diet/ makan.
    3. Latihan/ olahraga terutama melatih otot perut.
    4. Dan bagian yang terpenting adalah niat, konsistensi dan kesabaran dalam menjalani latihan dan pengaturan pola makan karena mendapatkan perut rata tidak mungkin didapatkan dalam waktu singkat.
    Pengaturan pola makan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara :
    1. Makan porsi kecil tapi sering dengan menu kaya nutrisi dan sehat.
    2. Jangan lupakan sarapan.
    3. Banyak minum air putih ( min 2 liter sehari ) terutama sebelum makan untuk mencegah makan terlalu banyak.
    4. Perbanyak serat seperti sayur, buah, oat.
    5. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi.
    6. HIndari makan sambil menonton TV.
    7. Hindari makan sebelum tidur.
    8. Jika merasa lapar namun waktu makan Anda belum tiba Anda bisa meminum air sebanyak 1 gelas (500ml) untuk menahan rasa lapar Anda.
    Baca topik Kegemukan. Latihan / olahraga yang sebaiknya Anda lakukan adalah :
    • Sebaiknya Anda membuat sebuah rencana latihan/ jadwal yang bisa Anda terapkan sehari hari dimana diawali dengan latihan yang ringan sehingga semakin lama dengan semakin terbiasa Anda bisa melakukan latihan lebih banyak dan lama.
    • Perbanyak olahraga yang membakar kalori lebih cepat seperti : Jogging, Skipping (lompat tali), Sepeda statis, Berenang. Pilih salah satu diantara jenis olahraga ini. Terlalu menguras tenaga dengan harapan perut akan lebih cepat rata adalah hal yang tidak mungkin dan menyebabkan diet dan olahraga Anda menjadi gagal sebelum Anda mendapatkan perut idaman Anda.
    • Latih otot perut Anda untuk mendapatkan perut yang rata. Anda bisa melatih otot perut dengan melakukan :
    1. Pilates
    2. Hulahup
    3. Sit Up
    4. Crunch = seperti melakukan sit up tetapi tidak mengangkat seluruh perut hanya perut atas saja.
    5. Plank = posisi badan seperti push up, dengan mengencangkan otot perut (seperti gerakan menarik nafas dan menahannya) selama beberapa detik sampai menit.
    Cobalah melakukan kegiatan olahraga diatas perlahan dulu sesuai kemampuan Anda.  Sebagai contoh : Hari pertama Anda melakukan 5 kali sit up, 5 kali crunch, 30 detik plank dan jogging selama 30 menit. Kemudian gandakan pada hari kedua menjadi 8 kali sit up ,8 kali crunch, 40 detik plank dan jogging 30 menit. begitu seterusnya. Dan jangan lupa berikan istirahat pada tubuh Anda setidaknya 1 hari setelah 4 hari berolah raga.   Semoga membantu.   dr. Yusi