Tanya Dokter

  • jarak kehamilan dan ceasar

  • bila hamil lagi sebelumnya diceasar yg di maksud sobek pada perut selagi hamil apa dikarnakan jarak kehamilan dekat atau ada alasan yg lain?

    Hello, Jarak kehamilan selanjutnya setelah dilakukan operasi cesar sebelumnya sangat berbeda-beda antara wanita satu dengan wanita yang lainnya. Pada umumnya, rentang waktu yang disarankan adalah 18-23 bulan setelah dilakukan operasi section cesarean. Namun menurut penelitian, pada wanita yang berusia hampir 40 tahun, kehamilan berikutnya dapat dilakukan setelah 9-12 bulan setelahnya karena potensi risiko yang ditimbulkan lebih sedikit pada kehamilan kedua. Risiko yang dapat ditimbulkan jika rentang waktu kehamilan selanjutnya lebih singkat dari yang dianjurkan diatas, adalah :

    1. Kurangnya sel darah merah (anemia)
    2. Robeknya lapisan rahim
    3. Lahirnya bayi dengan berat badan yang rendah
    Hal tersebut diatas merupakan potensi efek samping yang dapat terjadi akibat belum sembuhnya secara sempurna organ reproduksi setelah dilakukan operasi. Konsultasikan hal tersebut pada dokter yang memeriksa Anda sebelumnya jika Anda berencana menginginkan untuk memiliki keturunan selanjutnya. Sumber : www.babycentre.com Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean