Tanya Dokter

  • cedera engkel

  • Dok, dua minggu yang lalu anak saya umur 5tahun cedera engkel nya pas main bola. Sekarang udah sembuh kalo diliat mata biasa sih, matakakinya udah keluar, udah nggak ada pembengkakan lagi, kakinya juga udh bisa digerakin. Bahkan saya pijit2 pun dia ngga kesakitan lagi. Tapi anaknya belum mau jalan dok, masih pengen digendong2 sama pake kruk aja padahal kayanya sih udah ngga apa apa. Gimana ya dok cara ngelatihnya biar dia mau jalan kaya dulu lagi. Sy pernah sembunyiin kruk nya trus saya tinggalin dia ditengah jalan, eh dia malah ngesot ngesot. Pusing saya jadinya. Mohon pencerahannya dok

    Hai Ferra Cedera ankle setelah berolahraga dapat berpotensi menyebabkan hal yang paling ringan seperti hanya memar sampai paling berat yaitu patah atau pergesaran tulang. Beberapa kemungkinan yang timbul:

    • Memar, kaki akan terlihat lebih besar
    • Kerusakan pada otot, ligamen ankle sehingga menyebabkan nyeri saat berjalan
    • Pergeseran tulang ankle menyebabkan tidak dapat digerakan
    • Putus otot sehingga kaki lemas dan tidak bisa digerakan
    • Patah pada tulang, bergejala memar hebat disertai nyeri dan sulit digerakan.
    Bila anak Anda tidak bisa berjalan, sebaiknya memeriksakan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, serta dilakukan pemeriksaan penunjang bila diperlukan seperti foto rontgen, MRI untuk mengetahui apakah adanya gangguan pada persendian, otot, dan tulang daerah ankle serta pemeriksaan EMG (elektromyografi) untuk mengetahui kekuatan otot. Diskusi terkait dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Sprain ankle 2 tahun tapi belum bisa berjalan normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william