Tanya Dokter

  • Pembengkakan pada pergelangan kaki yang cedera

  •  Sarah Sasqia
    Anggota
    Dok begini sekitar rabu oktober lalu saya jatuh dari tangga lalu ternyata kaki saya bengkak saya bawa ke rumah sakit awalnya kaki saya cuma dibebat dan diberi kalsium dan pereda rasa nyeri keesokan harinya saya pergi ke rumah sakit lagi engkel kaki saya ternyata keseleo, ligamennya jelek, dan tulangnya ada yang bergeser . Dokter menyarankan untuk di gips selama 1 bulan kemudian kalo tidak menyatu di operasi.saya takut dok . Saya lalu pergi ke rumah sakit ke dua untuk mendapat rujukan lagi di rumah sakit ke dua dokternya malah menyarankan untuk gips selama 2 minggu saja setelah itu di fisioterapi, nah saya sudah memakai gips kira2 2 minggu kemarin baru dilepas akan tetapi kaki saya masih bengkak dan tulangnya belum kembali seperti semula. Dokter menyaranlan untuk tidak beraktivitas terlalu banyak sedangkan saya kuliah jadi saya masih beraktivitas seperti biasa menggunakan tongkat.Tetapi saya ketika sampai di kost kaki saya bengkak nya jadi membesar lagi apakah ini karena saya memaksa berjalan atau ada efek lain dok? Lalu apakah normal hanya 2 minggu saja di gips ? Trus apakah bengkak di kaki saya bisa sembuh? Dan saya bisa beraktivitas seperti biasa dok
    Sarah Sasqia  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Sarah, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi terjatuh serta terjadi pembengkakan pada pergelangan yang terkilir menandakan adanya gangguan pada daerah sekitar pergelangan kaki tersebut, seperti patah tulang, dislokasi persendian, robekan ligamen, gangguan pada persarafan dan pembuluh darah, dan masih banyak lagi. Bila Anda sudah menemui dokter, dan dikatakan perlu dilakukan gips maka hal itu diperlukan sebagai proses imobilisasi dan proteksi -- lama penggunaan gips tergantung pada kondisi / penilaian dokter yang memeriksan Anda. Umumnya setelah selesai dilakukan proses gips (setelah 2 minggu) akan dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti rontgen pergelangan kaki, ct scan, dsb -- untuk melihat apakah sudah terjadi perbaikan atau tidak, dan bila belum terjadi perbaikan maka dilakukan tindak lanjut pada kondisi ini (gangguan pada ligamen, atau pada persendian dipergelangan kaki). 

    Bengkak yang Anda alami dapat disebabkan karena aktiftias fisik berlebih, dan ada kemungkinan luka / robekan pada ligamen belum pulih sempurna. Kami sangat menyarankan Anda menemui dokter yang merawat Anda jika kondisi ini tidak kunjung membaik, dan pembengkakan semakin besar. Sementara ini kami sarankan untuk :

    • Kompres bagian bengkak dengan air dingin
    • Bila masih dibebat, jaga kebersihan bebatan Anda
    • Posisikan kaki lebih tinggi saat tidur (ganjal dengan bantal dan guling)
    • Hindari akitfitas berlebih -- bila perlu gunakan tongkat 
    • Jaga agar tidak terjadi trauma berulang
    • Konsumsi obat pereda nyeri yang telah diberikan oleh dokter yang merawat Anda
    • Temui dokter jika kondisi tidak kunjung membaik

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo