Tanya Dokter

  • Sulit tidur dan sakit kepala pasca alami cedera Kepala

  •  williem1996
    Anggota

    Selamat Pagi Dok,

    saya mau bertanya, beberapa bulan lalu ayah saya mengalami cedera kepala karena kecelakaan, sempat mengalami kejang kejang dan ganguan pada sistem kordinasi tetapi sudah sembuh, tetapi beberapa minggu belakang ini dia mengalami susah tidur dan sakit kepala kembali, lalu ingatakan terkadang tergagu selama bebrapa menit dan penglihatan kabur, dan hari ini mengalami kejang kejang dan sudah dilarikan dirumah sakit. tapi saya ingin tau

    apakah ini ada efek kecapekan, bisa berkelanjutan dan berbahaya kah? atau ada usaha yang bisa dilakukan?

     

    Terimakasih atas bantuannya

    warm regards

    Hallo Williem

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

    Trauma kepala atau cedera kepala adalah kondisi dimana struktur kepala mengalami sebuah benturan sebelumnya seperti yang terjadi pada ayah anda. Melihat kondisi dari yang anda ceritakan keadaan pada ayah anda merupakan cedera kepala berat. Pada beberapa pasien yang pasca mengalami cedera pada kepala , zat kimia dalam otak juga berubah dan memerlukan waktu untuk kembali normal. Sehingga memang pada orang yang setelah mengalami cedera kepala tidak di anjurkan mengalami keadaan kelelahan. Beristirahat adalah cara terbaik untuk memulihkan fisik dan mental akibat cedera kepala. Beberapa istirahat yang disarankan untuk menjaga keadan seseorang yang setalah mengalami cedera kepala adalah:

    • Membatasi aktivitas, yang meski terasa menyenangkan tapi memerlukan konsentrasi lebih banyak, seperti membaca, menonton TV, atau bermain video games.
    • Hindari kegiatan yang banyak bergerak, seperti olahraga, karena berisiko memperparah kondisi cedera.
    • Hindari mengonsumsi obat selain yang diresepkan dokter.
    • Di masa pemulihan, hindari melakukan dua kegiatan di waktu yang bersamaan, seperti makan sambil menonton TV.
    • Sebaiknya tunda bepergian dengan pesawat terbang karena berisiko membuat pemulihan tertunda.

    Semoga membantu dan bermanfaat,

    dr. Uswatun