Tanya Dokter

  • Penyebab penglihatan gelap, pusing, mual, muntah

  • Selamat pagi dok, mau tanya jika seseorang habis kecelakaan.misalnya 10 menit yang lalu dan setelah itu dia pingsan. tpi langsung tersadar setelah terkena air hujan. lalu pas sadar penglihatannya gelap, dan merasa pusing dan mual, lalu muntah2. kira-kira itu gejala apa dok.?

    Halo Annakh Shoe Namoen, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gejala-gejala seperti kehilangan kesadaran, gangguan penglihatan, mual dan muntah paska kecelakaan dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan, diantaranya adalah:

    1. Perdarahan di dalam tulang tengkorak. Bila cedera dan benturan yang terjadi di kepala cukup keras, dapat terjadi perdarahan di dalam tulang tengkorak. Perdarahan dapat berwujud perdarahan epidural, perdarahan subdural, perdarahan subarachnoid, dan perdarahan intraserebral, tergantung kepada lokasinya. Setiap jenis perdarahan ini akan memberikan gejala yang berbeda-beda.

    2. Konkusi otak. Konkusi otak terjadi bila otak mengalami guncangan hingga membentur tulang tengkorak yang keras. Konkusi dapat menyebabkan terjadinya kehilangan kesadaran serta gangguan ingatan yang biasanya bersifat sementara.

    3. Fraktur atau retak pada tulang tengkorak. Retak pada tulang tengkorak tergantung pada derajat kerusakkan tulang yang terjadi, bila retak ringan, bisa tidak menimbulkan gejala apa-apa selain memar dan nyeri. Pada retak yang berat hingga bagian tulang masuk ke dalam, dapat terjadi perdarahan di dalam tulang tengkorak dan kerusakan pada otak.

    4. Edema pada otak. Edema atau penumpukan cairan di dalam otak dapat terjadi pada semua jenis cedera kepala. Edema dapat menyebabkan otak menjadi membengkak, hingga menekan batang otak dan menyebabkan kematian.

    5. Diffuse axonal injury. Diffuse axonal injury (DAI) merupakan salah satu komplikasi yang paling berat yang dapat terjadi pada cedera kepala. Pada DAI terjadi kerusakan pada area yang sangat luas di otak yang dapat menyebabkan gangguan kesadaran hingga terjadinya koma.

     

    Pada seseorang yang mengalami cedera kepala, apabila terdapat gejala seperti hilang ingatan, penurunan kesadaran, mual dan muntah, gangguan saraf seperti penghilatan, lemah tubuh, gangguan bicara, maka cedera tersebut dapat terbilang sedang ke berat. Orang tersebut disarankan untuk mendapatkan penanganan segera ke IGD untuk mendapatkan evaluasi lengkap melalui wawancara dan pemeriksaan fisik, lalu ct-scan kepala untuk menyingkirkan perdarahan akut atau abnormalitas akut lainnya, terkadang MRI diperlukan apabila ct-scan tidak konklusif. Setelah perlu dilakukan observasi selama 24-48 jam, tatalaksana bergantung dari penemuan ct-scan dan evaluasi neurologis. Umumnya ahli saraf dan dokter bedah saraf dibutuhkan untuk penanganan lengkap.

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia