Tanya Dokter

  • Dampak cedera kepala

  •  Intan Yunita
    Anggota

    Pagi dok, Saya sering sakit kepala, apalagi dibagian belakang, rasanya sakit sekali. Pundak dan leher kaku dan baal. Apa ini efek cedera kepala? Sebab, tahun lalu saya mengalami kecelakaan lalulintas, yg mengakibtkn saya cedera kepala. Pada saat kejadian, saya tdk sadarkan diri bbrpa menit .. Saya sdr ketika perjalanan krmh sakit, itupun rasanya masih stngh sadar. Sayapun apa akan kejadian itu, saya tidak ingat bgaimana kronologis kejadian. Yg saya ingat, pda saat itu, saya menuju perjalanan plg krmh. Lalu saya dirwt disana. Krna kta dokter, ada bgian tulang yg retak, sehingga sy hrus mnjlni CT-scan. Ternyata hasilnya ada pendarahan didlm otak. Dan hingga skrg, sering sakit. Bahkan dada saya pun sering sakit.. Tmbus ke punggung,dan mnjalar ketngn kiri.. Bdan sy pun jadi sakit smua.. Kira" apa sy punya penyakit lain ,atau tdk yak dk? Mohon jwbnnya!!

    Terimakasih...

    Hai Intan, Cedera kepala merupakan suatu hal yang harus diwaspadai dan diterapi dengan baik dan benar. Cedera kepala dapat terjadi secara ringan, sedang atau berat mengacu pada kondisi klinis saat terjadinya cedera kepala. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memeriksa adanya efek yang ditimbulkan pada otak adalah seperti CT Scan atau rontgen otak. Dengan begitu dapat dilihat apakah ada perdarahan di otak ataukan ada tulang kepala yang trauma. Jika cedera kepala yang Anda alami sudah diterapi maka akan sangat kecil kemungkian terjadi lagi saat ini karena hal yang sama. Sakit kepala bagian belakang umumnya terjadi karena:

    • Sakit kepala tegang karena stress, kurang tidur, dll
    • Sakit kepala harian kornis yang sering terjadi pada wanita karena otot bagian belakang leher yang menegang
    • Sakit kepala karena aktivitas fisik yang berat
    • Neuralgia oksipital
    • Migrain basilar
    Dada yang nyeri dan menembus ke belakang pada umumnya terjadi karena sakit asam lambung namun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh keadaan lain seperti adanya kelainan pada paru-paru, jantung, pankreas, dll Badan yang pegal pada umumnya dapat terjadi karena adanya infeksi virus yang masuk ke tubuh atau dapat pula disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda saat ini sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat memeriksa keadaan Anda dan melakukan berbagai pemeriksaan tambahan seperti EKG, endoskopi, USG atau pemeriksaan lainnya jika diperlukan. Dengan begitu dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat. Anda juga sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Makan teratur
    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam 1 hari
    • Konsumsi air mineral minimal  2liter dalam 1 hari
    • Kelola stress
    Sakit kepala Sakit kepala bagian belakang Semoga membantu dr. Yosephine