Tanya Dokter

  • cedera tulang pundak akibat kecelakaan

  • Pagi dok,rabu kemarin sy mengalami kecelakaan yg menyebabkan tulang bahu kiri sy cedera,sy langsung kompres dgn air panas dan di urut oleh tukang urut,beberapa hari setelah di urut sudah cukup baik,namun setelah sy melakukan aktivifas lebis seperti bertepuk tangan,tangan sy mengalami sakit lg seperti kondisi habis jatuh,apa tindakan yg harus sy lakukan dok untuk selanjutnya?

    Halo,   Trauma pada tulang bahu bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti :

    1. dislokasi sendi
    2. Patah tulang
    3. Memar
    4. Cedera otot
    5. dll.
    Pada umumnya pertolongan pertama pada kasus trauma yang menyebabkan cedera otot atau dislokasi ringan maka Anda bisa melakukan metode RICE untuk mengurangi nyeri sebelum pemeriksaan ke dokter. Adapun metode RICE tersebut antara lain :
    1. Rest (Istirahat) = istirahatkan bagian yang terasa nyeri.Hindari melakukan aktivitas berat untuk sementara waktu.
    2. Ice (Es) = Kompres dingin untuk meredakan nyeri, mengurangi pembengkakan dan membantu mempercepat penyembuhan. Kompres panas sebaiknya dihindari.
    3. Compress ( Bebat) = berikan pembebatan seperlunya untuk menghalangi gerakan sendi berlebih sehingga tidak menambah trauma memburuk dan mengurangi nyeri.
    4. Elevasi (posisikan lebih tinggi) = untuk beberapa kasus bisa melakukan posisi bagian yang nyeri lebih tinggi (terutama untuk kaki) agar mengurangi pembengkakan dan nyeri.
    Anda juga bisa membantu mengurangi nyeri dengan minum obat pereda nyeri dan pelemas otot jika perlu. Jika rasa nyeri masih terasa maka lakukan pemeriksaan secara seksama ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dan memberikan penanganan yang terbaik. Baca topik Cedera tulang. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi