Tanya Dokter

  • Mengatasi cegukan yang tak kunjung hilang

  •  Deni Les Mana
    Anggota
    Assalamualaikum wr. wb. Siang dok, sudah dua hari ini saya cegukan namun ada jedanya. Apakah hanya cegukan biasa? & ini sudah kedua kalinya terjadi pada saya. Terima kasih Wassalamualaikum wr. wb.

    Halo Deni.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, Cegukan yang dalam bahasa medis disebut sebagai singultus, merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba - tiba. Suara cegukan muncul ketika pita suara menutup pada saat kontraksi otot tersebut.

    Pada umumnya pemicu cegukan berkaitan dengan pola makan, seperti makan terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah, Mengonsumsi minuman bersoda ataupun minuman beralkohol secara berlebihan. Cegukan juga dapat disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba - tiba, stress, ataupun terlalu bersemangat.

    Pada dasarnya Cegukan yang terus menerus berlangsung lebih dari dua hari, harus segera dicari penyebabnya. Beberapa penyebabnya diantaranya dapat karena iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, peradangan pada tenggorokan, diabetes, pembesaran kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan, naiknya asam lambung ke kerongkongan (penyakit asam lambung), dan lain sebagainya.

    Apabila sampai saat ini cegukan masih saja terjadi atau Cegukan akhirnya sering mengalami kekambuhan, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    CEGUKAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati