Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil pemeriksaan lab

  •  Naifah Harum
    Anggota
    Halo dok slmt malam . Mau nnya , ibu saya umur 39 sudah melakukan tes darah dan hasil freeT4(Ft4) sebesar 0,62 dan TSHS sebesar 0,76 ibu saya merasa bingung karna tensi darahnya sering tinggi kndng juga sering rendah apakah kah itu pengaruhnya atau tanda tanda sakit gondok? Apakah ibu saya ibu saya bisa di bilang hipertensi atau bukan? Trimkasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Sebaiknya ketika anda melampirkan hasil pemeriksaan lab, anda menyertakan nilai normal yang tertera sebagai patokan di laboratorium tersebut. Seringkali batasan nilai normal di laboratorium sedikit berbeda-beda.

    Secara umum nilai normal freeT4 adalah 0.7 - 1.9 ng/dL dan nilai normal TSH adalah 0.5 - 6 ulU/mL. Dari hasil pemeriksaan ibu anda freeT4 turun dari batas normal sementara TSH di dalam batas normal. Keadaan ini kemungkinan disebabkan keadaan hipotiroid atau tes hormon tiroid perlu dilakukan ulang untuk konfirmasi.

    Apabila hasil tes disertai gejala-gejala berikut :

    -Kulit kering

    -Berat badan bertambah dalam waktu relatif singkat

    -Mudah lelah dan letih meski aktifitas normal

    -Sensitif terhadap udara dingin

    -Detak jantung lambat

    -Terjadi perubahan siklus menstruasi.

    -Kaku pada  persendian

    -Depresi

    dan lain sebagainya

    Maka dicurgai ibu anda mengalami gangguan hormon tiroid berupa Hipotiroid.

     

    Terdapat hubungan antara hormon tiroid dengan hipertensi. Dimana hormon tiroid akan mempengaruhi sisten kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dan mungkin dapat menyebabkan nainya tekanan darah seseorang.

    Namun diperlukan data mengenai tekanan darah ibu anda yang didapatkan dari pemeriksaan.Sebagai referensi, batas tertinggi tekanan darah pada orang normal adalah 120/80mmHg. Tekanan darah diatas 120/80mmHg dikatakan sebagai pre hipertensi maupun hipertensi. 

     

    Untuk memastikan kondisi ibu anda, berkonsultasilah dengan dokter yang memberikan pengantar untuk melakukan pemeriksaan laboratorium tersebut. Mintalah penjelasan pada dokter mengenai kondisi ibu anda termasuk hasil pemeriksaan laboratoriumnya.

    Dokter akan memberikan penanganan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

     

    Berikut artikel mengenai HIPOTIROID , HIPERTENSI

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia