Tanya Dokter

  • Seberapa akuratkah hasil pemeriksaan tes HIV?

  •  Aldo Nababan
    Anggota
    Dok teman saya bercerita dia melakukan seks beresiko bulan 8 lalu setelah itu kejadian itu dia mengalami nyeri saat buang air kecil lalu dokter mendiagnosa dia terkena sipilis lalu dia diberi obat antibiotik kemudian. Dia sembuh setelah itu karna dia memiliki riwayat penyakit kelamin pada bulan 10 dia melakukan tes HIV dan hasil nya negatif yg jadi pertanyaan saya seberapa persen keakuratan hasil tes HIV itu dok Terus dok jika teman saya sudah negatif HIV Tolong dok beri saran Apa yang seharusnya dia lakukan agar tidak terjadi lagi penyakit kelamin yg terjadi pada dirinya dok. Terima kasih

    Halo Aldo Nababan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Human immunodeficiency virus atau yang lebih dikenal dengan HIV adalah virus yang menyerang sistem imunitas tubuh seseorang dan menyebabkan imunitas tubuh penderitanya menjadi lemah dan rentan terserang infeksi oportunistik. Infeksi oportunistik adalah infeksi bakteri atau jamur yang pada orang normal tidak bisa berkembang.

    Saat terkena infeksi HIV seseorang bisa tidak mengalami gejala apapun, namun bisa juga mengalami gejala-gejala ringan seperti:

    1. Pembengkakkan kelenjar getah bening
    2. Nyeri tenggorokan
    3. Ruam pada tubuh
    4. Sakit kepala
    5. Gangguan pencernaan seperti diare
    6. Nyeri otot dan sendi
    7. Rasa tidak enak badan seperti gejala flu

     

    Karena gejala yang sangat tidak spesifik tersebut, seseorang disarankan untuk melakukan pemeriksaan HIV setelah terjadi paparan berisiko (hubungan seksual tanpa kondom, menggunakan jarum suntik bersama-sama, terpapar darah penderita HIV, dan lain-lain). Pemeriksaan HIV disarankan untuk dilakukan pada 4 minggu setelah paparan, diulang lagi 3 bulan setelah paparan, dan diulang kembali 6 bulan setelah paparan. Kecepatan pembentukan antibodi seseorang bisa berbeda-beda sehingga diperlukan pemeriksan berulang kali untuk memastikan seseorang terkena HIV atau tidak. Pada pemeriksaan di bulan ke-3 akurasi pemeriksaan HIV dapat dikatakan cukup tinggi, 99% orang yang memiliki HIV akan mendapat hasil pemeriksaan positif pada pemeriksaan bulan ke-3 ini. Bila hasil negatif di bulan ketiga, sebaiknya tetap dilakukan pemeriksaan lagi pada bulan ke-6 untuk memastikan diagnosis.

     

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tertular HIV serta penyakit menular seksual lainnya:

    1. Lakukan hubungan seksual secara sehat, yaitu dengan 1 pasangan yang tetap
    2. Gunakan kondom saat berhubungan seksual
    3. Jangan menggunakan jarum suntik bersama-sama
    4. Hindari perilaku berisiko seperti minum alkohol berlebihan atau menggunakan obat-obatan terlarang

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. IRna Cecilia