Tanya Dokter

  • cek virus toxoplasma

  • dok saya baru melahirkan dapet 20hari, anak saya meninggal setelah lahir karna anenchepalus/tanpa tempurung kepala. sebabnya karna virus atau apa dok? bagaimana tindak lanjut kedepannya agar tidak terulang kembali saat saya hamil lg? dokter di Rumah sakit ada yg nyaranin kb dulu 6bln, ketemu dokter baru lg tidak ngizinin buat Kb takut kering. saya belum sempet cek lab toxso dok.

    mohon jawabannya dok?

    Halo,   Hingga saat ini penyebab pasti terjadinya kasus bayi dengan anencephaly masih belum jelas digambarkan. Para peneliti meyakinkan bahwa beberapa faktor bisa menjadi alasan timbulnya / meningkatkan resiko timbulnya kelainan tersebut seperti :

    1. defisiensi asam folat.
    2. Kelainan kromosom
    3. Penggunaan obat obatan saat kehamilan.
    4. Mutasi gen.
    Pada wanita yang pernah melahirkan bayi dengan kasus anencephaly maka resiko untuk kehamilan berikutnya terjadi kasus yang sama akan lebih besar yaitu sekitar 4-5%. Maka itu untuk memulai program hamil berikutnya sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan baik ke dokter kandungan sebelum Anda memulai program hamil. Dengan pemeriksaan dan pencegahan yang bisa dilakukan maka diharapkan Anda akan bisa hamil dengan sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula. Konsumsi asam folat sebelum hamil telah membuktikan bahwa bisa menurunkan insiden kejadian kAsus anencephaly tersebut. Baca artikel Anencephaly. Karena Anda baru saja melahirkan, maka sebaiknya memang Anda menunda program hamil. Istirahatkan dulu tubuh Anda dan mental Anda. Persiapkan dengan sangat baik kesehatan dan program hamil berikutnya. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    terimakasih atas jawaban diatas dok :) maaf dok saya ingin bertanya lg mutasi gen itu apa? kb apa yg baik utk saya? tentang cek toxo apa nanti bakal keliatan kalo saya/suami saya terkena virus & menyebabkan anak kami terlahir tdk sempurna?