Tanya Dokter

  • pikiran tidak tenang tiap tidur

  •  Rayen Zerro
    Anggota

    Slamat sore dok saya mau tanya sudah 1 thn lebih ini saya susah tidur dan gelisah saya sngt merasa gelisah dan tertekan.sulit konsentrasi,kepala bagian blakang dan leher sakit,dan tdk bs mengontrol diri dan emosi. setiap tidur pikiran tdk tnang seperti ada urat yg menarik tegang di bagian tengah antara 2alis. Mohon bantuannya dok saya merasa tersiksa skali dgn ini semua. Terimakasih dok.

    Halo, Keluhan yang Anda alami dapat dipicu oleh stressor seperti misalnya permasalahan yang sedang dialami dan mengganggu pikiran sehingga menimbulkan kegelisahan. Namun untuk dapat memastikan apakah terdapat gangguan psikis (misalnya gangguan depresi, gangguan cemas, dan lain-lain) ataupun gangguan fisik hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan yang menyeluruh secara langsung terhadap Anda sehingga sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis mengingat kejadian ini sudah berlangsung lama (lebih dari 1 tahun). Anda dapat berkonsultasi/konseling dengan psikiater/psikolog apabila merasa sedang menghadapi permasalahan hidup yang berat dan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari agar mendapatkan solusi terbaik. Cara menyiasati insomnia antara lain :

    • Tehnik relaksasi (melalui yoga,pilates dan latihan pernapasan)
    • Batasi konsumsi minuman kafein (kopi, teh, coklat) terutama pada menjelang jam tidur
    • Menciptakan suasana tidur yang nyaman
    • Membiasakan tidur secara teratur agar ritme jam biologis menjadi lebih teratur
    • Berpikir positif dalam menghadapi permasalahan hidup
    Jika Anda masih merasa gelisah dan sulit tidur sebaiknya diperiksakan ke dokter. Bila perlu dokter akan meresepkan obat tidur sesuai dengan kondisi medis Anda. Di bawah ini terdapat beberapa artikel yang sekiranya bermanfaat: (Keterangan : klik tulisan biru untuk terhubung dengan artikel yang dimaksud)   Salam, dr.Debby Phanggestu