Tanya Dokter

  • Napas tersengal-sengal, jantung berdebar, badan lemas, dan perut tidak nyaman

  • Saya alex dok' umur 23. .saya sudah ke dokter melakukan rekam jantung dan usg tetapi kata dokter jantung saya normal paru paru juga normal..tapi kok bisa napas saya tersengal sengal dan jantung berdebar dan ada rasa gak enak di bagian perut . .badan lemas. .mohon penjelasanya dok..

    Alexsa Otomotip  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Alexa, selamat malam, Jika anda mengalami gangguan semacam itu, dan kemudian tidak ditemukan kelainan fisik apapun meski telah memeriksakan diri ke spesialis dan menjalani berbagai macam pemeriksaan, maka terdapat kemungkinan bahwa yang anda alami berasal dari masalah psikologik, salah satunya gangguan cemas / anxiety disorder, terutama jika terdapat stressor / pencetus yang jelas. Gangguan cemas / anxiety disorder adalah gangguan yang cukup banyak ditemukan (bahkan terkadang pasien tidak sadar bahwa ia mengalaminya) yang ditandai adanya perasaan cemas, gelisah, atau kuatir yang terjadi hampir setiap hari pada hampir tiap situasi, biasanya sering disertai gejala fisik penyerta seperti : jantung berdebar, rasa tidak enak di perut terutama ulu hati (seperti sakit maag), keringat dingin, kepala pusing/sakit,/seperti melayang, mulut kering, dan sesak (dispneu psikogenik). Cobalah berkonsultasi dengan dokter anda mengenai perlunya berkonsultasi dengan seorang psikiater. Perlu dicatat bahwa jika didapatkan keluhan sesak dan semacamnya, maka penyebab psikologis adalah yang terakhir, maksudnya harus dilakukan penelusuran dan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab organik, jika setelah berbagai pemeriksaan dilakukan dan tidak ditemukan kelainan, maka kecurigaan keluhan akibat gangguan psikogenik/psikis harus dipertimbangkan. diskusi lain mengenai gangguan cemas Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Saya sama seperti @Alexa dok saya udh mencoba menengkan fikiran dengan baikbail, kadang sering kambuh lagih, apakah faktor makanan juga mempengaruhi datangnya kambuh ituh dok?

    saya juga mengalami gejala seperti itu selama 4 bulan, jantung berdebar kencang, lemas terasa akan pingsan, mual, pusing, n terasa akan mati,, dan slalu muncul di benak sy, sakit apa ini ya Allah