Tanya Dokter

  • Konsumsi makanan yang baik bagi penderita sindrom nefrotik

  • Siang dok. Mau tanya kalo roti tawar n mesis coklat boleh gak untuk cemilan anak sy yg menderita sindrom nefrotik? Karna hampir setiap roti mengandung garam termasuk roti tawar sedangkan anak saya harus diet garam dulu. Kira2 apa saja dok cemilan yg boleh saya berikan?

    Halo Farida Putrisia,

    Sindrom nefrotik adalah suatu gangguan ginjal yang memang cukup sering ditemui pada anak dan remaja, yang ditandai dengan kumpulan gejala berupa adanya kandungan protein di dalam urin akibat ginjal tidak dapat menyaring protein di dalam urin, edema atau pembengkakan seluruh tubuh, dan hipoalbuminemia atau rendahnya kadar protein di dalam darah.

    Selain penanganan dengan obat-obatan, salah satu anjuran kepada penderita sindrom nefrotik adalah membatasi makanan tertentu khususnya garam dan lemak/kolesterol, untuk menghindari komplikasi dari sindrom nefrotik seperti hipertensi dan hiperlipidemia (peningkatan profil lemak dalam darah). Diet rendah garam terutama ditujukan pada anak yang sedang mengalami pembengkakan, dan dari pedoman sindrom nefrotik yang ada bukan berarti anak tidak mengkonsumsi garam sama sekali, namun dibatasi sampai 1-2 gram per hari. Benar bahwa dalam pembuatan roti digunakan garam, yang berbeda-beda untuk tiap merek, jadi, sebaiknya dihindari dulu bila menurut kalkulasi anda melebihi batas tersebut. Untuk meses cokelat, sebaiknya ibu juga memperhatikan komposisi pada kemasan masing-masing merek, jika memang mengandung tinggi garam/natrium, lemak/kolesterol, sebaiknya dihindari. Untuk menghindari kedua kandungan ini anda dapat mengganti cemilan dengan buah dan sayuran. Sebagian besar buah dan sayuran memiliki kadar garam dan lemak yang sangat rendah (kecuali beberapa jenis seperti alpukat). Cemilan-cemilan instan yang dijual di pasaran perlu dipilih dengan ketelitian lebih terhadap kandungan di dalamnya, misalnya pilih dengan yang berlabel rendah lemak dan rendah garam. Sebaiknya diskusikan kembali dengan dokter yang menangani karena tiap pasien memiliki target diet dan pengobatan yang berbeda-beda tergantung dari kondisi saat ini. Pastikan untuk tetap rutin kontrol ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan sesuai dengan dosis secara teratur dan konsumsi makanan mengandung tinggi protein.

    Anda dapta membaca artikel terkait: sindrom nefrotikmakanan rendah kolesteroltips diet rendah garammakanan tinggi protein

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira