Tanya Dokter

  • Efek chemical peeling terhadap gangguan ginjal

  •  Pelangi kecil
    Anggota
    Apakah benar chemical peeling dapat menyebabkan gangguan ginjal?

    Halo Pelangi kecil, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Sebelum menjawab pertanyaan anda, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat 3 jenis chemical peeling:

    1. Superficial peeling yang hanya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit saja, biasanya menggunakan glycolic acid dalam konsentrasi lebih tinggi daripada yang dijual bebas.
    2. Medium peeling yang menggunakan bahan kimia seperti Trichloroacetic acid (TCA), yang dapat menyerap ke lapisan kulit yang lebih dalam daripada superficial peeling.
    3. Deep peeling yang biasanya dilakukan dengan bahan kimia seperti phenol, yang akan menyerap ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi daripada medium peeling. Deep peeling ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih putih.

     

    Setiap jenis peeling tersebut memiliki risiko dan efek sampingnya sendiri-sendiri. Superficial peeling memiliki risiko dan efek samping paling ringan, biasanya hanya berupa kemerahan pada kulit dan sedikit rasa nyeri di kulit yang akan hilang dalam beberapa hari. Medium peeling akan menyebabkan luka bakar ringan pada kulit. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk penyembuhannya, yaitu sekitar 7 hari, lalu kulit akan mengalami pengelupasan dan kembali normal. Deep peeling memiliki efek samping paling banyak dan paling tidak nyaman. Deep peeling dapat menyebabkan luka bakar yang cukup dalam pada kulit wajah. Kulit akan tumbuh kembali seteleha 10-14 hari paska tindakan deep peeling, dan kulit akan menjadi merah selama setidaknya 3 minggu, bahkan bisa beberapa bulan untuk beberapa orang.

    Deep peeling biasanya dilakukan untuk mengatasi keriput yang cukup dalam, kerusakan kulit akibat sinar matahari yang cukup berat, terdapat kehitaman pada kulit wajah, serta untuk mengobati pertumbuhan kulit abnormal pada kulit wajah. Phenol yang digunakan untuk deep peeling ini diketahui dapat merusak otot jantung dan menyebabkan jantung berdenyut iregular, serta dapat merusak ginjal dan hati. Oleh karena itu deep peeling ini hanya dapat dilakukan 1x, dilakukan pada sebagian wajah terlebih dahulu dan diselang 10-20 menit baru dilanjutkan kembali pada sebagian wajah lagi, untuk mencegah terjadinya intoksikasi phenol.

    Jenis bahan kimia lain yang digunakan dalam superficial peeling atau medium peeling tidak memiliki efek ini.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia