Tanya Dokter

  • Hubungan chron's disease dengan usus buntu

  • salamm...

    apakah chron's disease berhubungan dengan usus buntu ?

    Hai,

    Crohn's disease atau penyakit Crohn ialah salah satu bentuk dari penyakit radang usus (inflammatory bowel disease). Penyakit ini ditandai oleh peradangan berulang pada saluran cerna, mulai dari kerongkongan sampai anus. Paling sering, peradangan ditemukan di daerah usus halus bagian ujung. Peradangan dapat menyebabkan gejala nyeri perut yang berpindah-pindah, diare, BAB berdarah, demam, sariawan dan nyeri sekitar anus.

    Penyakit usus buntu terjadi akibat sumbatan dari pangkal usus buntu. Pangkal usus buntu terletak dekat dengan ujung usus halus; bagian ini bisa tersumbat akibat penebalan lapisan usus sekitar misalnya karena peradangan pada penyakit Crohn, sumbatan akibat feses atau pembesaran kelenjar getah bening setempat. Apabila pangkalnya tersumbat, penumpukan cairan di dalam usus buntu dapat kemudian terinfeksi dan timbul peradangan hebat di usus buntu. Ini menyebabkan gejala nyeri perut (terutama sisi kanan bawah), demam dan gejala saluran cerna seperti mual, muntah, diare atau tidak bisa BAB/buang angin.

    Penyakit Crohn berkaitan dengan usus buntu dalam hal gejala yang ditimbulkan mirip (sama-sama bisa menyebabkan nyeri perut, demam dan diare), dan penyakit Crohn bisa menjadi penyebab dari penyakit usus buntu (peradangan akibat penyakit Crohn menyebabkan penebalan pangkal usus buntu, membuatnya tersumbat). Untuk membedakan kedua penyakit tersebut kadang tidak mudah; diperlukan pemeriksaan mendetail dari Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD), seringkali memerlukan tukar pendapat dengan Dokter Ahli Bedah (Sp. B) untuk penegakkan diagnosis. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, USG sampai CT-Scan untuk menunjang diagnosis.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma