Tanya Dokter

  • Tangan lemas dan sulit digerakkan

  •  Ajung Tri
    Anggota
    Pagi dok, saya mau tanya. begini dok, 6 bulan yang lalu saya berolahraga bulutangkis, lalu saat saya melakukan smash, tiba2 tangan kanan saya langsung lemas rasanya seperti menggelantung. Saat saya gerakkan tangan dengan gerakan naik itu sangat sulit dan sakit. Namun masih bisa dengan sedikit saya paksakan. Lalu bengkak, dan sesaat kemudian terasa sangat sakit. Sakit di bagian pundak kanan saya dok. Sampai saat ini pada pundak bagian depan masih sakit dan terasa seperti menusuk saat saya lakukan gerakan2 tertentu. Kira2 apa ada kaitannya dengan tendon atau hanya sebatas cidera ringan biasa ya dok? Saya sudah sempat bawa ke fisioterapi beberapa kali dan hasilnya membaik. Hanya saja masih sangat sakit dan tidak bs digerakksn untuk beberapa gerakan tertentu dok. Kira2 ini kenapa ya dok? Lalu masa pemulihan butuh berapa lama? Atau perawatan apa yg harus saya lakukan? Terima kasih dok.

    Hai Ajung. Kondisi yang and alami dapat disebabkan oleh adanya pergerakan berlebihan yang menghentak atau terlalu keras sehingga menyebabkan gangguan pada otot, ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang) ataupun tendon (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang). Kondisi ini dapat membuat jaringan tersebut lemah, robek ataupun kendor.

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Pemeriksaan lebih lanjut dari pemeriksaan fisik kemudian pemeriksaan tambahan lain seperti USG, MRI dapat membantu mengetahui masalah yang dihadapi. Penanganan berdasarkan penyebab yang mendasari berupa letak masalah dan apakah ada infeksi atau tidak. Obat-obatan, fisioterapi, dan operasi merupakan beberapa pilihan umum yang ada.  Hindari melakukan pekerjaan yang terlalu membebankan tangan anda serta hindari gerakan yang menghentak atau tiba-tiba. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa