Tanya Dokter

  • Mengatasi Cidera Engkel

  •  SaBill
    Anggota

    Selamat malam Dok,

    saya minggu lalu mengalami cidera engkel saat sedang berolahraga, dan saat cidera terdengar suara tulangnya. setelah itu saya di bawa ke tukang urut saja dan belum menerima perawatan medis sama sekali. hanya setelah di urut dikompres menggunakan air es.

    Saya ingin bertanya, apakah harus segera di periksakan dan menerima perawatan medis atau tidak? berapa lama cidera Engkel untuk bisa sembuh? dan apakah cidera seperti ini bisa sembuh dengan total?

    Sekian, Terimakasih

    Sabill yang baik,

    cidera pada alat gerak merupakan salah satu risiko yang bisa terjadi pada kondisi olahraga. Cidera yang terjadi bisa berupa seperti terkilir yakni ada cidera pada ligamen atau jaringan ikat, maupun hingga adanya retak pada tulang. Cidera seperti ini seringkali menipu, dari luar tampaknya ringan, namun sebetulnya proses peradangan terjadi di dalamnya. Proses peradangan ini lama kelamaan akan menimbulkan bengkak bila terjadi di lokasi tertentu. Pembengkakan pada alat gerak tentunya dapat menekan pembuluh darah dan saraf yang berada di lokasi tersebut. Lama kelamaan bagian tersebut akan rusak karena pasokan darahnya tidak mencukupi, hingga dapat timbul akibat yang paling ditakutkan yakni amputasi.

    Oleh karenanya pada cidera alat gerak, langkah awal yang dapat dilakukan ialah mengistirahatkan alat gerak tersebut, kemudian memposisikannya lebih tinggi dari dada, mengompres dingin daerah yang nyeri serta membalut daerah tersebut. Selanjutnya tidak perlu menunggu lama, periksakan bagian yang cidera secara langsung ke dokter untuk melihat apakah ada kemungkinan perburukan dari cidera tersebut. Lebih jauh mengenai kondisi ini berikut kami lampirkan artikel mengenai keseleo. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief