Tanya Dokter

  • Cara mengatasi cedera pada lutut lutut

  • Selamat sore dokter,hari juma'at 3/11/17 saya jatuh dari motor miring kearah kiri, tempurung lutut dan siku tangan kiri jadi tumpuan saat jatuh dan membuat memar bengkak,sampai sekarang lutut bekas jatuh masih nyeri kalau ditekan dan pegal saat berdiri lama atau mengangkat beban.obat yang tepat apa ya dok?Sy SDH pakai salep counterpain tp belum ada perubahan.

    Halo Erma.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami mengarah ke cedera lutut dimana dapat menerpa salah satu bagian dari struktur penyusun lutut. Bagian - bagian yang menyusun lutut diantaranya adalah ligamen, tulang rawan, dan tulang keras.

    Bila lutut mengalami cedera, dapat menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut dapat diderita selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah adalah dua kondisi yang umumnya terjadi dan menjadi penyebab rasa sakit.

    Akibat lainnya umumnya juga ditimbulkan akibat cedera lutut adalah mati rasa pada kaki bagian bawah. Selain itu, kaki bagian bawah juga dapat merasakan lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, atau pucat.

    Jika sampai saat ini rasa sakit masih saja terjadi, dan semakin memburuk, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis ortopedi atau tulang terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian lutut, rontgen lutut, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat di berikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati