Tanya Dokter

  • cidera lutut setelah olahraga

  • malam dok, saya sudah bbrp hr ini rajin olah raga. Tiba2 lutut sy cidera stlh lari Sprint, bgm mengatasi sakit pd lutut yg spt ditusuk2 jarum? Krn saya sudah ksh counterpain, blm pulih juga, terima kasih

    Halo, Cidera pada lutut setelah olah raga dapat dibagi menjadi 2 yaitu Nyeri lutut yang mendadak (akut), cirinya terjadi tiba-tiba, nyeri hebat dan bengkak. Bisa disebabkan karena:

    1. Robekan di jaringan ikat sendi lutut
    2. Robekan bantalan di sendi lutut
    Nyeri lutut konstan (kronis), cirinya nyeri timbul konstan, seperti ditusuk-tusuk dan rasa tidak nyaman di lutut seperti terbakar. Bisa disebabkan oleh:
    1. Pengapuran dan peradangan sendi (osteoartritis)
    2. Kerusakan tulang rawan lutut
    3. Tumor atau keganasan di tulang daerah lutut
    4. Peradangan sendi karena asam urat
    5. Robekan di jaringan ikat sendi
    Nyeri lutut yang Anda rasakan kemungkinan yang kronis, tetapi untuk memastikan penyebab dan penanganannya sebaiknya Anda pergi ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik (melihat tanda-tanda radang di lutut, dll) dan pemeriksaan rontgen, lab jika diperlukan. Obat-obat penahan sakit (paracetamol, asam mefenamat) dapat diberikan tetapi sifatnya hanya mengurangi gejala. Yang terbaik adalah mengobati penyebabnya. Terapi untuk nyeri lutut selain obat-obatan adalah:
    • Fisioterapi
    • Tindakan bedah
    Anda perlu menghindari hal-hal yang membuat nyeri lutut sulit sembuh:
    1. Aktivitas melibatkan lutut yang berlebihan
    2. Infeksi
    3. Tidak melakukan pemanasan dan pendinginan setelah olah raga
    4. Postur tubuh yang salah saat aktivitas fisik
    5. Lutut meregang/tertarik
    6. Kegemukan
    Hal-hal yang dapat Anda lakukan adalah:
    • Kompres lutut yang nyeri dengan es selama 15 menit setiap 4 jam sekali. Es dibungkus dengan plastik lalu dilindungi dengan kain terlebih dahulu.
    • Memakai sepatu olah raga yang rata, nyaman dipakai sesuai ukuran kaki.
    • Menjaga berat badan tetap ideal, tidak kegemukan.
    • Hindari berbaring miring ke sisi lutut yang sakit.
    • Olah raga lari dapat diganti dengan latihan lain yang lebih ringan (low impact), misalnya berenang atau bersepeda.
    • Lakukan pemanasan dan pendinginan setiap berolah raga.
    • Membatasi gerakan pada lutut dengan bebat lutut
    Untuk lebih jelasnya, bacalah artikel berikut; Sakit lutut Semoga membantu ya. dr.Miranti Iskandar