Tanya Dokter

  • Ciri-ciri bayi yang cocok atau tidak cocok dengan susu formula

  • Selamat siang dok, Anak saya genap berusia 1 bulan.sejak usia 2 minggu saya memberinya susu formula BEBELOVE.semenjak anak saya mengkonsumsi susu tersebut berat badan anak saya naik dan BABnya pun bisa dianggap bagus tapi masalahnya anak saya terlalu sering BAB apa itu bisa dibilang tidak cocok dengan susu formula tersebut dok?

    Halo Febrian Putra Hartono, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Tidak cocok dengan susu formula atau alergi susu kadang dapat terjadi pada bayi yang diberikan susu formula yang berbasis susu sapi. Gejala-gejala yang dapat ditemukan pada alergi susu dapat terjadi segera setelah meminum susu, bisa juga terjadi beberapa jam hingga beberapa hari setelahnya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat langsung terjadi segera setelah meminum susu:

    1. Gangguan pencernaan
    2. Mencret
    3. Muntah
    4. Suara serak
    5. Sesan nafas dan mengi
    6. Batuk
    7. Mata bengkak, merah, dan gatal
    8. Kemerahan yang menimbul pada kulit disertai dengan gatal (urtikaria)
    9. Bintik-bintik kemerahan pada kulit
    10. Bengkak pada mulut dan lidah

     

    Beberapa gejala alergi  yang tidak langsung terjadi setelah meminum susu (terjadi beberapa jam hingga beberapa hari setelah meminum susu):

    1. BAB encer, berwarna hijau, kadang disertai darah
    2. Kolik (nyeri perut)
    3. Kembung dan muntah
    4. Rewel saat minum atau menyusu
    5. Anak rewel dan sulit ditenangkan (karena kembung dan kolik)
    6. Ruam pada kulit

     

    Sering BAB adalah normal pada bayi kecil. Bayi yang minum susu formula bisa BAB 3-5 kali sehari, atau bisa juga lebih sering. Selama anda tidak menemukan gejala-gejala di atas, kemungkinan besar anak anda tidak mengalami alergi susu.

    Meskipun demikian, anak di bawah 2 tahun disarankan untuk diberikan ASI karena ASI memiliki manfaat jauh lebih banyak daripada susu formula. Selain lebih mudah dicerna oleh saluran cerna bayi, ASI juga lebih jarang menimbulkan alergi, dan dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi pada bayi. Bila memang memungkinkan, ASI lebih direkomendasikan untuk diberikan pada anak anda. Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter anak anda mengenai pemberian minum untuk anak anda. 

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia