Tanya Dokter

  • ciri-ciri kanker payudara

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, saya mengalami rasa nyeri bagian kanan payudara saya! Tapi kalau ditekan terasa sakit, kadang-kadang rasa sakitnya datang dok?

    Saya harus bagaimana dok? Trima kasih

    anonymous  anonymous
    Anggota

    ...

    Dear Aifany,

    Kemungkinan penyebab dari nyeri pada payudara adalah sebagai berikut :

    1. Perubahan kadar hormon pada saat menjelang menstruasi

    2. Mastitis yaitu infeksi pada saluran payudara (biasa terjadi pada ibu yang menyusui)

    3. Fibroadenoma (FAM) yaitu tumor jinak pada payudara

    4. Kanker payudara (http://www.alodokter.com/kanker-payudara/)

    5. dan lain lain

    Yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan pada payudara sendiri atau yang dikenal dengan sebutan SADARI. Dengan melakukan SADARI Anda dapat mendeteksi apabila terdapat benjolan ataupun kelainan pada payudara. Caranya adalah dengan berdiri di depan cermin. Perhatikan apabila terdapat kejanggalan seperti struktur kulit payudara yang menyerupai kulit jeruk maupun tanda tanda peradangan pada kulit di sekitar payudara seperti bengkak ataupun kemerahan. Kemudian lakukan hal berikut ini :

    1. Dengan menggunakan ujung ujung jari Anda, tekan perlahan payudara Anda dan rasakan apakah teraba adanya benjolan.

    2. Gunakan pola melingkar dari arah luar ke dalam ataupun pola diagonal hingga mencakup seluruh permukaan payudara hingga area ketiak. (Ulangi langkah yang sama pada kedua payudara)

    3. Pijat lembut puting payudara Anda untuk mengetahui apakah ada cairan yang keluar (cairan putih/kuning/darah).

    Pemeriksaan dapat dilakukan ketika sedang mandi ataupun dengan posisi berbaring yaitu dengan mengganjal punggung dengan bantal kemudian satu tangan dilipat di samping kepala (bila yang ingin diperiksa adalah payudara kanan maka lipat tangan kanan di samping kepala dan mulai periksa payudara kanan dengan menggunakan ujung ujung jari tangan kiri Anda)

    Apabila teraba benjolan segera periksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik pada payudara, kemungkinan Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan tambahan seperti USG payudara atau mammografi.

    Apabila tidak teraba benjolan dan tidak tampak kelainan pada payudara, untuk mengurangi nyeri pada payudara Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol (pastikan anda membaca petunjuk penggunaan obat pada kemasan sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri) namun apabila nyeri berulang, tidak menghilang atau bertambah parah sebaiknya diperiksakan ke dokter agar penyebabnya dapat diketahui dengan pasti.

    Perbincangan mengenai nyeri pada payudara dapat dibuka pada halaman berikut :

    http://www.alodokter.com/komunitas/topic/kanker-payudara/

    Semoga bermanfaat,

    dr.Debby Phanggestu

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.