Tanya Dokter

  • ciri dan gejala sipilis

  • Salam hormat Dok saya mw tanya kalau gejala sipilis itu seperti apa ya soalnya dr kelamin keluar nanah terus apa itu artinya kena sipilis? Terima kasih

    Halo,   Keluar nanah dari kelamin biasa disebabkan karena :

    1. Uretritis Gonore
    2. Uretritis non gonore = chlamidia, trikomoniasis.
    3. Pielonefritis
    Sementara sifilis biasa ditandai dengan adanya ulkus/ koreng bernanah pada alat kemaluan yang tidak terasa nyeri/ sakit dan kemudian sembuh dengan sendirinya namun penyakit terus mengalami perkembangan dalam tubuh penderita. Untuk memastikan penyebab kelainan Anda maka pemeriksaan fisik oleh dokter akan diperlukan. Dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung maka dokter bisa menentukan letak permasalahan pada keluhan Anda dan memberikan penanganan yang tepat. Baca topik SIFILIS dan GONORE. Baca topik Beda sifilis dan gonore. Sifilis merupakan infeksi yang disebabkan oleh kuman treponema pallidum. Merupakan salah satu penyakit emnular seksual yang bisa menular melalui darah dan cairan tubuh melalui kontak seksual. Gejala sifilis dibagi menjadi :
    1. Tahap Primer = Sangat Menular , gejala berupa koreng bernanah pada alat kemaluan (penis) yang basah dan tidak ada disertai rasa nyeri. Luka koreng bisa sembuh sendiri tanpa meninggalkan bekas sama sekali.
    2. Tahap Sekunder = Sangat Menular, gejala yang dikeluhkan berupa rasa lelah , demam, nyeri sendi, sakit kepala disertai ruam kemerahan pada tubuh berlangsung selama 3 bulan.
    3. Tahap Laten = Menular pada 1 – 2 tahun pertama fase laten, sifilis tidak menimbulkan gejala dan pasien terlihat sehat.
    4. Tahap Tersier= Penyakit telah menular ke seluruh organ tubuh seperti mata, otak, hati, tulang, sendi, pembuluh darah. Kondisi ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.
    Sementara Gonore merupakan jenis penyakit menular seksual yang biasa dikenal dengan kencing nanah. Gejala gonore antara lain adalah :
    1. Kencing terasa nyeri
    2. Gejala pada pria = Keluar nanah berwarna putih kehijauan terutama pada pagi hari , pembengkakan pada ujung penis
    3. Gejala pada wanita = keputihan berwarna kuning kehijauan yang bau dan gatal serta nyeri saat BAK, menstruasi terasa nyeri.
    Penanganan kedua jenis penyakit menular seksual ini adalah dengan antibiotik sesuai gejala dan keparahan penyakit yang diderita. Konsultasikan dokter mengenai jenis obat dan dosis yang sesuai untuk kondisi Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Fikri Ardiansyah  Mas Andi
    Anggota

    Terimakasih