Tanya Dokter

  • Ciri-ciri dari alergi susu sapi

  •  Diah.p
    Anggota
    Dok saya mau tanya ciri2 bayi alergi susu sapi itu seperti apa? Dan hrus bgaimana

    Salam,

    Balita dengan alergi susu sapi akan menunjukkan gejala yang hampir sama dengan alergi makanan pada pasien anak atau dewasa. Hal ini menggambarkan adanya pembentukan antibodi dari protein susu sapi yang dikonsumsi oleh balita. Bila anak kita berusia 0-6 bulan, dan mendapatkan susu pendamping ASI atau susu pengganti ASI, maka hal ini dapat menjadi resiko alergi susu sapi, terutama bila orang tua mempunyai riwayat alergi. Dengan demikian, pemberian susu sapi atau sufor sebaiknya dihentikan, dan pemberian ASI menjadi pilihan yang cerdas untuk balita kita. Dengan ASI sebagai asupan pokok bagi balita kita, maka resiko alergi susu sapi tidak terjadi (kecuali ibu mengkonsumsi susu sapi, kemungkinan balita tetap beresiko alergi).

    Beberapa keluhan yang sering muncul pada bayi dengan alergi susu sapi adalah:

    1. ruam pada kulit, perut, dubur

    2. diare

    3. muntah

    4. demam

    5. flu

    6. mata berair

    7. berat badan turun

    Bila balita Ibu mengalami keluhan pencernaan setelah mengkonsumsi susu sapi, maka sebaiknya segera konsulkan ke dokter anak untuk pemeriksaan dan evalausi keluhan yang dialami. Dokter akan memastikan penyebab keluhan ini, apakah karena alergi susu sapi, intoleransi laktosa, atau infeksi pencernaan.

    Penanganan akan diberikan oleh dokter sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan. Penggantian susu sapi dengan jenis hipoalergi  dan ASI dapat menjadi pilihan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga alergi susu sapi.

    dr. Ulfi