Tanya Dokter

  • resiko jangka panjang pada penggunaan krim mengandung merkuri

  • dok kakak perempuan sy pernah mnggunakn cream yg mengandung mrcury krg lebih 1,5 th, skrg sudah stop, dia mengeluh jerawat dan komedo nya banyak sekali dan kadang wajah ny terasa panas dan gatal juga rambutnya rontok apa itu efek dr merkuri dok? Apa yg harus dilakukan utk mengeluarkan merkuri yg sdh trlanjur dlm tubuh? Dan apakah kakak saya beresiko terkena suatu penyakit?

    Hai,

    Produk-produk kecantikan yang mengandung merkuri saat ini sudah tidak dianjurkan lagi pemakaiannya karena dapat membahayakan kesehatan. Merkuri yang teroles, apabila terserap tubuh dalam jumlah banyak (mis. dengan pemakaian rutin dan berulang), dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan gangguan saraf. Sementara itu, efek lokalnya terhadap kulit yaitu dapat menimbulkan ruam-ruam kemerahan setempat, perubahan warna kulit, pembentukan jaringan parut / scar, serta berkurangnya kemampuan kulit untuk menangkal infeksi jamur / kuman. Karena penyebab jerawat salah satunya ialah kuman, kemungkinan jerawat dan komedo yang saat ini dikeluhkan juga berkaitan dengan efek krim merkuri yang pernah dipakai olehnya.

    Namun demikian, bisa juga jerawat, komedo, rasa panas di muka saat ini tidak berkaitan dengan pemakaian krim merkuri sebelumnya. Hal tersebut sulit dipastikan karena pemeriksaan terhadap kadar merkuri dalam tubuh saat ini tidak lazim dilakukan. Pengobatan terhadap paparan merkuri saat ini ditujukan untuk paparan yang terjadi secara tiba-tiba dan berat, misalnya merkuri tertelan atau terhirup. Sementara itu, untuk kasus paparan merkuri pada kulit yang berkepanjangan, belum ada pengobatannya.

    Hal yang sebaiknya dilakukan saat ini ialah mengunjungi Dokter Kulit (Sp. KK) untuk pemeriksaan terhadap gejala yang dialami (jerawat, komedo, wajah panas-gatal dan rambut rontok). Mungkin diperlukan pemeriksaan kerokan kulit untuk menunjang diagnosis.

    Tips berikut mungkin membantu:

    - Banyak makan buah dan sayuran

    - Minum sekurangnya 2 liter air per hari

    - Hindari menahan BAK

    - Rajin aktivitas fisik seperti jogging, senam, bersepeda, berenang, dll.

    - Hindari paparan asap rokok dan minuman beralkohol

    Baca juga artikel tentang waspada pemutih kulit yang mengandung merkuri

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma