Tanya Dokter

  • Menambah berat badan dengan creatine monohydrate

  •  Abu Alief
    Anggota
    Dok, saya berusia 23 tahun dengan tinggi 170 dan berat 52. Trainer fitness saya menyarankan saya mengkonsumsi creatine monohydrate dengan harapan menambah berat badan. Pertanyaan saya Apakah creatine bisa menambah berat badan? Dan apakah creatine monohydrate berdampak pada kesuburan?

    Halo. Creatine adalah salah satu suplemen yang paling efektif, aman, dan juga populer pada kalangan atlet binaraga atau atlet olahraga umum. Creatine adalah sebuah asam organik bernitrogen yang berasal dari asam amino arginine, glycine dan methionine. Sebanyak 95% creatine terdapat pada otot rangka.  Creatine dapat meningkatkan phosphocreatine dan cadangan creatine dalam tubuh Anda sebanyak 10 sampai 40%. Creatine berfungsi sebagai sumber tenaga untuk latihan karena cadangan phospocreatine mengalami peningkatkan. Creatinin ini berfungsi dalam meningkatkan massa otot, mungkin inilah yang dapat menyebabkan berat badan menjadi meningkat dan bagus untuk pembentukan badan. Creatine dapat membantu sel otot Anda untuk mengikat air, yang baik bagi kinerja tubuh. Hal ini pula yang menyebabkan berat badan Anda bertambah.

    Sejauh ini belum ada penelitian mengatakan adanya efek samping dampakkesuburan akibat hal ini. Namun sebaiknya pemakaiannya tetap dalam pengawasan ahli dan bukan dalam jangka waktu yang lama. Untuk menambah massa otot Anda dapat meningkatkan diet tinggi asupan protein seperti daging dada ayam, dan telur. Latihan yang teratur juga dapat membantu cepat peningkatan massa otot.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S