Tanya Dokter

  • Cuka apel untuk toner wajah saat hamil

  •  mama ataya
    Anggota

    selamat pagi dok,

    saya mau tnya, amankah perawatan wajah dengan menggunakan cuka apel ketika hamil?

    mama ataya  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Mama,

    Cuka apel dipercaya bisa digunakan sebagai acid toner dengan harapan membantu mengangkat sel kulit mati agar tdak menyumbat pori, meringankan jerawat, dan mencerahkan wajah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam asetat dalam cuka apel. Namun demikian berdasarkan literatur, penggunaan cuka apel sebagai toner hingga saat ini belum terbukti bermanfaat secara bermakna.

    Untuk ibu hamil, sebaiknya memang berhati-hati dalam menggunakan skincare maupun kosmetik. Sejauh ini cuka apel sebagai toner cukup aman bagi ibu hamil selama digunakan secara wajar dan pastikan cuka apel tidak terkontaminasi bakteri ataupun kuman ya. Untuk lebih baiknya, saya sarankan agar Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda.

    Perawatan wajah saat hamil pun tidak perlu terlalu berat. Cukup dibersihkan dengan sabun yang lembut, hypoallergenic, dan aman untuk ibu hamil. Selanjutnya gunakan pelembap tanpa pencerah, tabir surya, dan selalu pilih produk yang aman bagi ibu hamil ya. Perawatan mingguan seperti masker alami juga aman untuk ibu hamil. Sedangkan jika Anda punya masalah kulit khusus seperti jerawat atau bekas jerawat saat hamil, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter kulit.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Cuka apel
    Cara merawat wajah saat hamil

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y