Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada dada kanan

  • Pagi dok, kenapa ya tiba2 dada kanan saya sakit? Skrg jalan saya agak membungkuk soalnya kalau dibawa tegak sakit, kenapa dok? Trims

    Hai Opix,terimakasih telah bertanya pada forum alodokter. Sebelumnya perlu ditanyakan beberapa riwayat anda sebelumnya seperti berapa lama nyeri dada yang anda alami? gejala apa yang menyertai nyeri dada anda? apakah anda memiliki riwayat maag sebelumnya? aktifitas anda ? apa nyeri dada anda disertai sesak napas atau nyeri uluhati?
    Keluhan anda yang berupa nyeri dada dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti trauma,penyakit asam lambung ataupun dalam kasus kronik disebabkan oleh penyakit jantung. Biasanya nyeri dada paling umum dialami oleh usia muda ataupun tanpa riwayat penyakit kronis sebelumnya disebabkan oleh meningkatnya asam lambung yang berlebihan. Arti nyeri dada/ chest pain seperti yang anda alami adalah rasa nyeri, sakit atau tertekan pada dada dan terasa seperti ditusuk-tusuk,bagian tubuh yang terasa nyeri dapat menjalar dari bahu hingga ke tulang rusuk atau sebaliknya.
    Berrikut adalah beberapa penyebab nyeri dada adalah:
    1. Paska trauma
    2. penyakit jantung
    3. penyakit asam lambung/maag
    5. gangguan menelan
    6. penyakit paru yang menyebabkan sesak napas.
    Pada penyakit yang disebabkan bukan jantung,biasanya akan disertai dengan gejala sebagai berikut:
    1. Susah menelan
    2. nyeri uluhati
    3. perut terasa panas dan mual
    4. perut kembung
    Sebelum anda ke dokter,anda dapat melakukan penanganan sebagai berikut:
    1. istirahat cukup
    2. mengkonsumsi makanan lunak dan tidak pedas serta berminyak, membagi porsi makan menjadi kecil tapi sering.
    3. Tidak melakukan aktifitas fisik berlebihan dan terlalu lelah,manajemen stress
    4. Melakukan konsultasi ke dokter umum ataupun penyakit dalam jika anda tetap merasa nyeri dada,apalagi jika disertai dengan sesak napas,serta mual,muntah,susah beraktivitas,penurunan berat badan,lemas.
    5. mengkonsumsi obat anti nyeri sementara (parasetamol)
    6. tidak mengkonsumsi kafein dan alkohol
    Mengenai keluhan anda,disarankan anda berkonsultasi ke dokter umum atau spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang tepat. Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen