Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri dada terus menerus

  •  IF
    Anggota
    Saya akan bercerita dari awal. Beberapa hari lalu saya memakan makanan yang keras hingga menyebabkan gusi dan gigi saya terluka. Lantas setelah itu bagian gigi saya waktu mengunyah saat itu terasa sakit bahkan saat menguap. Setelah beberapa hari, daerah leher atas (bawah dagu) saya terdapat lymphadenitis. Dan masih di hari itu juga, saya merasakan dada saya nyut2an. Terutama bagian kiri. Tapi nyut2an tsb cenderung pada satu titik dan terasa seperti ditusuk. Lengan kiri saya juga jadi sakit dan pegal2. Mengetahui hal ini saya jadi parno. Berpikir, "Mungkinkah ini jantung?" dan berbagai penyakit berat lainnya. Tapi akhir2 ini memang saya sering tidur miring ke kiri. Mungkinkah karena salah tidur? Atau mungkin nyut2an itu ada sangkut pautnya dengan gigi dan gusu saya? Dan umur saya masih 18 tahun. Mohon penjelasannya secara rinci. Karena kebetulan saya juga mengidap cemas berlebihan (anxietas) sehingga hal ini pun menyiksa batin dan pikiran saya. Terimakasih.

    Halo IF...........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa nyeri pada dada, yang biasanya juga disertai dengan rasa nyeri yang dimulai dari bahu hingga ke tulang rusuk, dan dapat pula menjalar ke rahang, leher, dan tangan.

    Timbulnya Nyeri dada memang paling banyak disebabkan oleh karena gangguan pada jantung, akan tetapi pada kasus yang Anda alami kemungkinan lebih mengarah ke gangguan psikologis yaitu gangguan kecemasan.

    Selain dari kedua hal yang telah disebutkan diatas, nyeri dada juga dapat disebabkan oleh karena : cedera pada otot rongga dada atau / dan tulang rusuk, costochondritis === peradangan pada tulang rawan yang menyambungkan tulang dada dengan tulang rusuk, penyakit asam lambung ( GERD ), batu empedu, pneumotoraks === adanya udara di paru, dll.

    Cobalah atasi keadaaan ini dengan cara : kelola stress ataupun cemas yang Anda alami, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, dsb.

    Jika setelah melakukan cara - cara diatas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya dada, tes darah, rekam jantung ( ECG ), rontgen dada, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat pun dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GANGGUAN PSIKOSOMATIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati