Tanya Dokter

  • dada sakit

  •  dicky_khanza
    Anggota

    Assalamualaikum, selamat mlm dokter <p style="text-align: left;">Selalu saja, Tiba-tiba dada sebelah kiri sakit seperti tertekan dan bahu 'pundak ,lengan pun ikut pegal dan linu.. gejala seperti ini kenapa ya dok? mohon dibantu untuk pertanyaan nya .. Terima kasih banyak dok</p>

    Halo,   Sakit dada seperti tertekan disertai adanya nyeri yang menjalar ke bahu, lengan, punggung belakang perlu diperhatikan dengan seksama, karena bisa saja menjadi indikasi medis yang serius yaitu serangan jantung / angina. Untuk pemastian tentunya diperlukan pemeriksaan secara langsung dan tes medis terkait seperti EKG dan Echo. Namun nyeri dada kiri juga bisa disebabkan oleh gangguan lain yaitu :

    1. Gangguan paru = pneumotorak, pneumonia dll.
    2. Gangguan otot = mialgia, fibromialgia dll
    3. Gangguan tulang dada
    4. Gangguan tulang belakang akibat skoliosis.
    5. dll.
    Pemastian penyebab keluhan nyeri Anda memerlukan pemeriksaan fisik oleh ahli (dokter), dokter akan melakukan berbagai tes medis yang tentunya dianggap setelah pemeriksaan fisik dilakukan seperti misalnya pemeriksaan foto rontgen jika dicurigai adanya kelainan pada paru / tulang dada, rontgen tulang belakang, tes darah, EMG untuk melihat adanya kelainan pada otot, dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan yang tepat bisa diberikan untuk menghilangkan gejala yang Anda alami. Untuk membantu mengurangi keluhan Anda bisa melakukan .
    1. Olahraga.
    2. Stretching ringan otot bahu dan dada.
    3. Melakukan postur tubuh secara benar saat beraktivitas.
    4. Minum obat pereda nyeri jika perlu.
    5. Massage
    Jika keluhan tidak berkurang atau disertai adanya keluhan seperti sesak nafas, jantung berdebar kencang, serasa ingin pingsan, keringat dingin dll maka segera hubungi dokter terdekat Anda untuk pemeriksaan yang lebih seksama. Baca topik Nyeri dada. Semoga membantu.   dr. Yusi.