Tanya Dokter

  • Penyebab dada terasa sakit ketika bersin

  • selamat siang dok. dok teman saya pernah menderita kanker paru paru tapi sekarang udah sembuh dok,tapi baru2 ini kalau bersin dada sakit dok.itu kenapa ya dok ? terimahkasih dok

    Halo Sovia.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kontraksi otot - otot dada, perut, dan diafragma saat bersin dan batuk, normalnya memang akan meningkatkan tekanan di dalam rongga dada, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit, dimana hal ini memang perlu diwaspadai apabila setiap bersin dada selalu terasa sakit.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya kondisi yang Anda alami, diantaranya adalah : bronkitis === peradangan pada saluran utama paru-paru, asma, pleuritis === peradangan pada selaput paru-paru, pneumonia === randangan pada paru-paru, gangguan kesehatan pada jantung, stres psikologis, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung. Oleh karena itu, jika gejala masih saja terjadi, dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen dada, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati