Tanya Dokter

  • Dada sebelah kanan sakit, sesak napas dan nyeri punggung

  •  noervie
    Anggota

    Selamat Sore Dok,

    Dok, saya sering kali merasakan dada sebelah kanan sakit dan sesak serta punggung (Tulang Belikat) terasa sakit.Memang saya mempunyai masalah dengan asam lambung. Biasanya untuk mengurangi rasa sakit dan sesak ini saya sering di kerik (dikerok) itu lumayan manjur. Apakah ada efeknya ya dok jika sering di kerik? dan kenapa ya kok saya sering sekali mengalami hal ini

     

    Terimakasih banyak Dok,

     

    Salam

    Efi

     

    Halo noervie.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa sakit yang timbul pada dada sebelah kanan, memang salah satunya dapat disebabkan oleh karena penyakit asam lambung atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease ).

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit asam lambung, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : infeksi virus penyebab flu dan batuk, stres psikologis, olahraga atau kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan, pleuritis === peradangan pada selaput paru-paru, efusi pleura === terdapat cairan di selaput paru-paru, gangguan kesehatan pada jantung, hepatitis, cedera pada tulang/ otot/ saraf.

    Jika kondisi ini sudah sering Anda alami, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen dada, rekam jantung / EKG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Tips untuk ANda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, hindarilah beraktifitas atau berolahraga yang membutuhkan kerja otot dada lebih keras, tidur dan istirahat yang cukup, kelola stress psikologis, hindari makan makanan yang asam/ pedas/ berminyak/ berlemak/ Bersantan/ digoreng.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati