Tanya Dokter

  • Penyebab dada sebelah kiri seperti ada yang mengganjal

  • Dok kenapa ya dada saya sebelah kiri seperti ada yang mengganjal . seperti ada sisa makanan yang nyangkut , awal nya saya abis minum obat PRATIFAR (Famotidine) 20mg . tapi 2 jam sebelum saya minum obat itu saya minum obat propanolol .. Apa itu efek obat atau apa ya dok ?

    Hai Yosep.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Obat yang anda konsumsi, yaitu Famotidine merupakan obat golongan antihistamin-2 yang berfungsi untuk menekan poduksi asam lambung. Obat ini juga berfungsi untuk mencegah perlukaan pada lambung dan usus. 

    Obat kedua yaitu propanolol merupakan obat golongan beta- blocker. Obat ini digunakan pada penderita darah tinggi, tremor, nyeri dada, ataupun gangguan ritme jantung. 

    Kedua obat ini sama dengan obat- obat lainnya, yaitu harus dibeli dengan resep dokter, diminum sesuai dosis yang ditentukan (berdasarkan usia, berat badan, keadaan klinis), dan hindari bila anda alergi dengan zat- zat yang terkandung didalamnya. 

    Keluhan nyeri dada dapat disebabkan karena adanya gangguan di jantung, di paru, ataupun di sistem pencernaan, diantaranya: 

    Bila anda merasa keluhan nyeri di dada semakin bertambah; nyeri seperti ditusuk di dada kiri yang menajalar ke lengan, bahu, leher kiri; nyeri di ulu hati dan mulut sering terasa kecut/ pahit; BAB atau muntah disertai darah maka periksakan diri anda ke dokter. Nantinya dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik, jika perlu juga pemeriksaan rekam jantung dan USG perut. Sehingga dapat diobati dengan tepat. Baiknya anda menghindari makan makanan yang pedas dan kecut, hindari merokok, kopi, dan minum alkohol.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti