Tanya Dokter

  • Nyeri dada sebelah

  •  Nanta Pohan
    Anggota

    Assalamualaikum, Maaf dok mau sedikit bertanya.. Saya Nanta umur 27thn. Saya sering merasa nyeri didada bagian kiri, walaupun tidak sering.. tp cukup membuat saya takut dan khawatir.. Semalam saya cek kolestrol darah.. Hasilnya 218 mg/dl Saya takut terkena serangan jantung melihat kolestrol saya tersebut dan sering merasakan nyeri dada sebelah kiri.. sementara sebulan yang lalu saya sudah mencoba EKG hasil dari dokter jantung saya normal.. Apakah kolestrol saya yg 218 tersebut berperngaruh dengan nyeri dada yg saya alami ? Just for info dok saya jg sudah 6bulan ini menderita asam lambung.. apakah asam lambung naik jg berpengaruh terhadap nyeri dada sebelah kiri ? Mohon pencerahannya dok.. Terimakasih.. Wassalam..

    Hai, Nyeri dada kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, selain serangan jantung yang tentunya menakutkan. Berikut adalah kemungkinan lainnya:

    Meskipun tampaknya bukan serangan jantung, sebaiknya kadar kolesterol Anda tidak diremehkan dan Anda mengusahakan untuk menguranginya. Untuk lebih jelas menentukan apakah nyeri tersebut berasal dari lambung atau paru, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Dokter mungkin memerlukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan dahak (bila ada), foto Roentgen dada dan endoskopi (peneropongan lambung) untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Berikut tips untuk Anda:
    • Perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga jogging, bersepeda atau perbanyak jalan kaki
    • Perhatikan makanan Anda dari segi kolesterol
    • Hindari makanan asam, pedas, berminyak, kopi, soda, alkohol -- kesemuanya ini bisa meningkatkan asam lambung dan memicu nyeri akibat sakit maag
    • Kurangi / berhenti merokok
    • Kelola stress dengan baik -- stres juga memicu produksi asam lambung
    • Kontrol rutin dengan Dokter, setidaknya 3 - 6 bulan sekali atau lebih sesuai anjuran Dokter untuk memantau kolesterol darah Anda dan check-up
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Nanta Pohan  Nanta Pohan
    Anggota

    Terimakasih dok tips dan sarannya..