Tanya Dokter

  • batuk dan terasa sesak di atas dada

  • Siang dok, saya mau bertanya, saya memiliki riwayat asma dok, tapi sudah lama sekali gak pernah kambuh, baru" ini saya batuk" tapi tidak terlalu parah dok, tapi daerah di bawah tenggorokan diatas daerah payudara terasa sesak dok. Apakah ini menandakan asma saya kambuh? Kemudian dok saya mau bertanya, saya baru saja berusia 19 th dok, payudara saya sering merasakan nyeri terutama ketika menstruasi, ini wajar apa tidak ya dok? Terima kasih.

    Salam,

    Dari informasi yang Anda sampaikan,

    1. Adanya keluhan sesak di bagian dada atas Anda dan adanya riwayat asma sebelumnya kemungkinan merupakan tanda awal asma, namun kondisi ini memang  perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter paru Anda. Dokter akan mengevaluasi keluhan sesak pada area terkait dan juga fungsi pernafasan serta suara tambahan pada paru kita. Kondisi ini kemungkinan memang dipicu oleh keluhan batuk yang Anda rasakan beberapa hari sebelumnya.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    2. Keluhan nyeri pada payudara saat menstruasi merupakan kondisi yang wajar terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh respon jaringan payudara terhadap sistem hormon kewanitaan selama masa menstruasi. 

    Kondisi ini akan berkurang sesaat atau 1-2 hari selama masa awal menstruasi. 

    Namun, bila keluhan ini masih Anda rasakan setelah menstruasi berakhir, atau dalam 3 siklus menstruasi keluhan ini cenderung meningkat, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan dan evaluasi. Dokter akan memastikan tidak ada kondisi lain yang beresiko. Bila diperlukan, pemeriksaan mamografi dapat direncanakan untuk memastikan evaluasi dokter Anda.

    Selain itu, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri sehingga Anda dapat mengevaluasi secara mandiri kondisi payudara Anda untuk menjadi perimbangan dokter.

    Jangan lupa untuk menjaga kondisi fisik Anda sebelum dan selama haid, dan menghindari kelelahan fisik serta stres.

    Lakukan rileksasi dan olah raga yang rutin untuk menjaga stamina fisik Anda baik diluar atau selama masa menstruasi.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga payudara nyeri.

    dr. Ulfi