Tanya Dokter

  • efek daging ayam di masa dini atau tua

  •  Andriyani
    Anggota

    dok apakah keseringan memakan daging ayam ada efeknya di msa dini atau msa tua ?skrng gusi sya bengkak,apakah karna tidak diseimbangi dengan mkan sayuran ?terima kasih

    Hai, Secara umum, daging ayam merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Daging ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi, dan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti protein, lemak, sodium, dan zat besi. Masalah dapat timbul jika daging ayam yang dikonsumsi tidak diolah dengan tepat, seperti :

    • Tidak dimasak sampai benar-benar matang - beresiko dapat menimbulkan infeksi pada saluran pencernaan
    • Digoreng dengan minyak jenuh - dapat meningkatkan resiko kanker
    • dan lainnya
    Sementara gejala gusi bengkak dapat diakibatkan radang pada gusi atau yang biasa disebut dengan Gingivitis. Gejala gingivitis selain gusi bengkak adalah perubahan warna gusi, nyeri pada gusi, dan gusi mudah berdarah saat sikat gigi. Jika merasa mengalami gejala gingivitis, sebaiknya Anda segera temui dokter gigi Anda untuk penanganan selanjutnya, sebelum gingivitis memburuk menjadi periodontitis. Sementara itu Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut untuk membantu mengatasi keluhan gusi bengkak :
    1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari
    2. Gunakan sikat gigi dengan bulu lunak
    3. Rajin lakukan flossing pada sela gigi setelah makan
    4. Gunakan obat kumur antiseptik
    5. Temui dokter gigi minimal 2 kali dalam setahun untuk kontrol kondisi gigi dan pembersihan karang gigi
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.