Tanya Dokter

  • daging tumbuh di anus dan ada benjolan di dalam vagina istri saya

  •  dhika
    Anggota

    Assalamualaikum.wr.wb. Pagi dokter... Saya ingin bertanya tentang penyakit yg di derita oleh isteri saya. Ada daging tumbuh di anusnya besar seperti 2 jempol tangan, yg membuat dia merasa sulit untuk BAB.. Dan saya juga melihat di dalam vagina istri saya ada benjolan dia berada di dalam liang vagina sebesar telur ayam berwarna daging, apabila dia mengejan BAB. Benjolan itu sangat terlihat dari luar vagina nya dan membuat vagina nya membesar, jarak antara vagina ke anus itu hanya 1 cm,, apakah istri saya pada saat melahirkan jahitannya robek ya dokter?? Kenapa lubang vagina istri saya seperti telur ayam besarnya dokter?? Lubang vaginanya sangat besar dan longgar saya khawatir, Tetapi istri saya tidak mau bicarakan hal ini, karena dia malu dengan saya, apa solusinya dokter? Terimma kasih dokter.

    Hai,   Adanya daging tumbuh di anus dan  benjolan sebesar telur ayam di liang vagina memerlukan pemeriksaan lebih jauh apakah benjolan tersebut dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Dengan melakukan pemerikaan fisik maka seorang dokter dapat menilai karakteristik dari suatu benjolan dan menilai apakah benjolan tersebut. Yang dinilai dalam benjolan biasanya adalah :

    1. Lokasi
    2. Ukuran
    3. Konsistensi = kenyal/ keras, padat / isi cairan
    4. Melekat ke dasar / tidak = biasa jika melekat ke dasar maka memiliki tanda ke arah keganasan
    5. Tanda radang = apakah ada rasa nyeri, kemerahan, rasa panas, dll
    6. Batas / Tepi= jika memiliki batas yang tidak jelas maka menuju ke arah keganasan, tepi yang ireguler (kasar/tidak licin) biasa menuju ke arah keganasan.
    Maka dari itu sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan sesegera mungkin. Dengan pemeriksaan seperti Pemeriksaan pervaginam, proktoskopi, USG dll akan bisa ditentukan apa jenis benjolan dan daging tumbuh yang diderita istri Anda. Adapun kemungkinan penyebab benjolan di liang vagina adalah :
    1. Mioma geburt = tumor rahim yang sangat besar sampai menjulur ke luar vagina.
    2. Polip rahim / leher rahim
    3. Prolaps
    4. dll
    Sementara daging tumbuh pada anus bisa disebabkan :
    1. Infeksi virus
    2. Kutil 
    3. Hemoroid
    4. dll
    Saat ini pastikan bahwa istri Anda bersedia untuk diperiksa oleh dokter kandungan, jika perlu carilah dokter kandungan wanita agar memudahkan istri Anda untuk terbuka mengenai permasalahan yang dialaminya. Dengan keterbukaan istri Anda maka pemeriksaan akan lebih mudah dilakukan dan penanganan akan mudah diberikan sehingga keluhan Anda berdua akan terselesaikan.   Semoga membantu.   dr. Yusi