Tanya Dokter

  • Daging tumbuh setelah persalinan normal

  • Dok, saya sudah melahirkan 4bulan yang lalu melalui persalinan normal dengan episiotomi dan merupakan kelahiran kedua, jarak lahir dengan anak pertama 9bulan. Saat persalinan anak pertama, semua normal.Yang jadi pertanyaan saya, setelah nifas saya sudah selesai masih timbul seperti benjolan kecil di bibir vagina luar sebelah kanan, dan saat BAB pasti terasa nyeri.Itu kenapa ya dok? Apakah bisa disembuhkan ? Saya harus konsul ke SPOG atau spesialis kelamin?
    Anom Rengganis  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Anom, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi episiotomi (sayatan pada perineum) dilakukan untuk membantu dalam proses persalinan, setelah dilakukan tindakan ini akan dilakukan penjahitan pada bekas sayatan tersebut. Timbulnya benjolan dapat diakibatkan karena bekas luka pada daerah sayatan tersebut, seperti keloid (benjolan akibat terbentuknya jaringan ikat -- umumnya hanya dialami oleh beberapa perempuan), adanya peradangan pada bekas jahitan (umumnya disertai dengan kemerahan, rasa nyeri, bengkak, dsb)

    Kami menyarankan Anda untuk menemui dokter kandungan yang merawat Anda untuk memastikan benjolan tersebut, karena sulit bagi kami untuk memastikannya jika tidak melihat secara langsung. Umumnya kondisi ini dapat sembuh bila mendapat penanganan yang baik. Untuk sementara ini kami sarankan untuk :

    • Hindari menekan nekan benjolan tersebut
    • Atur pola makan agar pola defekasi (BAB) lebih teratur dan feses (kotoran) menjadi lunak sehingga tidak perlu mengedan terlalu kuat saat BAB
    • Jaga area kewanitaan secara rutin -- hindari penggunaan cairan pembersih vagina secara berlebihan
    • Gunakan pakaian dalam dengan bahan yang nyaman
    • Bila dirasa semakni mengganggu kami sarankan untuk menemui dokter yang merawat Anda kembali

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo