Tanya Dokter

  • Dahak berwarna kuning kehijauan saat batuk

  •  Afifah58
    Anggota
    Dok,saya ingin bertanya,ketika saya batuk,dahak saya berwarna kuning,kadang juga agak kehijauan,mengapa bisa seperti itu dok?,terima kasih

    Halo Afifah58.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, secara normal dapat diproduksi oleh tubuh untuk membersihkan saluran Pernapasan. Bila terjadi Peradangan pada saluran Pernapasan oleh karena misalnya alergi atau infeksi, produksi Dahak dapat saja meningkat.

    Dahak kental berwarna kuning dan kehijauan, jika hal ini sering terjadi, maka dapat disebut sebagai kondisi yang tidak normal, gimana hari ini dapat dipicu oleh karena : pneumonia === peradangan pada paru-paru, bronkitis === peradangan pada saluran pernafasan utama, sinusitis === peradangan pada sinus, dan lain sebagainya.

    Jika hal ini sudah sering terjadi, disertai dengan timbulnya batu yang lama atau lebih dari satu bulan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes dahak, tes darah, rontgen dada, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BATUK BERDAHAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati