Tanya Dokter

  • Mengatasi dahak yang disertai darah

  • Sore Dok,

    Saya Anggun Susanti, 22 th.

    Saat bangun tidur di pagi hari, saya sering mengeluarkan air liur berlebih dan dahak yang disertai dengan darah. Kadang di siang hari juga mengeluarkan dahan yang disertai darah, padahal saya bukan perokok. Apakah itu termasuk tanda suatu penyakit? dan bagaimana cara mengurangi produksi air liur berlebih dan dahak yang disertai darah?

    Terima kasih Dok..

    Halo Anggun Susanti, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Dahak yang keluar disertai dengan darah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya adalah:

    • Infeksi tuberkulosis (TBC) di paru. Infeksi TBC paru biasanya memberikan beberapa gejala sebagai berikut:
    1. Batuk lama, lebih dari 3 minggu
    2. Batuk disertai darah
    3. Keringat malam
    4. Penurunan berat badan
    5. Demam
    6. Sesak nafas dan nyeri dada
    7. Badan lemah dan cepat lelah
    • Bronkitis kronis. Bronkitis adalah reaksi peradangan pada saluran nafas kecil yang disebut bronkus di paru. Penyebab utama bronkitis kronis adalah merokok, penyebab lainnya adalah paparan dengan zat-zat yang dapat mengiritasi saluran nafas seperti polusi udara, zat kimia tertentu, infeksi saluran nafas berulang. Beberapa gejala yang dapat ditemukan pada bronkitis antara lain:
    1. Batuk dengan produksi dahak yang banyak, kadang disertai dengan darah
    2. Sesak nafas
    3. Kelelahan
    4. Nyeri dada 
    5. Demam
    • Bronkiektasis. Bronkiektasis adalah terjadinya kerusakan berupa penebalan dan pelebaran pada dinding saluran nafas kecil di paru yang menyebabkan penumpukan dahak karena dahak sulit dikeluarkan. Bronkiektasis disebabkan oleh peradangan kronis pada saluran nafas misalnya oleh karena infeksi atau penyakit tertentu seperti Cystic fibrosis.
    • Cystic fibrosis yaitu penyakit genetik dimana terjadi penumpukan lendir yang tebal dan kental di saluran nafas, pankreas, dan organ lainnya.
    • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yaitu penyakit kronis paru dimana terjadi gangguan atau sumbatan pada saluran nafas kecil di paru yang menyebabkan kesulitan bernafas
    • Emboli paru atau terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di paru
    • Benda asing di paru yang dapat terjadi karena tersedak benda atau makanan tertentu
    • Gagal jantung yaitu penyakit dimana terjadi penurunan kemampuan jantung dalam memompa darah
    • Penyakit autoimun seperti Lupus, Wegener’s granulomatosis, microscopic polyangiitis, Churg-Strauss syndrome
    • Penggunaan kokain
    • Kanker paru
    • dan lain-lain

     

    Mengeluarkan dahak bersama dengan darah bukanlah kondisi yang normal dan bisa jadi membahayakan bila darah keluar dalam jumlah banyak atau terhisap masuk ke paru. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis paru untuk mendapatkan diagnosis pasti penyebab gejala yang anda alami saat ini. Dokter akan menanyakan lebih dalam mengenai gejala utama anda serta gejala lain yang menyertai. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan antara lain pemeriksaan darah, pemeriksaan rontgen paru, pemeriksaan dahak, bronkoskopi, serta CT scan paru bila dibutuhkan. Tata laksananya akan menyesuaikan dengan diagnosis yang didapat.

    Untuk dapat mengatasi masalah yang anda alami saat ini, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Oleh karena itu memeriksakan diri sesegera mungkin ke dokter adalah langkah yang paling tepat dilakukan saat ini.

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia