Tanya Dokter

  • Daki sulit dibersihkan, kenapa?

  • Salam, dok. Dok, saya seorang lelaki gemuk sejak kecil, mungkin sejak SD. Saya waktu SD sering membersihkan daki dan cepat pembersihannya. Akan tetapi, sejak SMP (akil baliq) hingga lulus kuliah sekarang daki sulit dibersihkan malahan kalau dibersihkan memerah dan perih. Saya skrg berumur 22 tahun, bobot sekitar 100kg, tinggi 170cm an. Biasanya yang saya bersihkan daki dengan menggunakan kapas halus bersamaan dengan alkohol 70%. Apakah ini boleh? Jujur di daerah selangkangan sangat sulit dibersihkan. Hingga sekarang. Terima kasih, dok.

    Halo Suryoyo......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami berupa lipatan paha atau selangkangan yang berwarna hitam, pendapat mengganggu kepercayaan diri. Walaupun tidak berbahaya, tetapi kondisi ini membuat tidak nyaman.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan selangkangan berwarna hitam, diantaranya adalah : Kegemukan, gesekan yang terus - menerus antara kulit di sekitar paha, menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat, infeksi kulit seperti jamur, dan lain sebagainya.

    Penggunaan kapas dengan alkohol belum terbukti dapat memutihkan selangkangan, akan tetapi hal ini kemungkinan dapat saja menyebabkan iritasi pada kulit, dan akhirnya membuat selangkangan tambah hitam.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara alami, yaitu : gosok secara lembut jeruk nipis atau lemon pada kulit yang menghitam selama kurang lebih 5 menit sampai dengan 10 menit, lakukanlah dengan rutin kurang lebih tiga kali dalam seminggu.

    Penggunaan cara alami tidak dapat menghasilkan kulit yang putih secara instan. Jika Anda memang ingin kulit selangkangan putih dengan cepat, maka kami menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis penyakit kulit, agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut ( pemberian krim pemutih atau metode peeling / laser ).

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati