Tanya Dokter

  • Pemulihan pecandu narkoba

  • Ass.. Dok.. Saya mau nanya dok,, sy ini dlu pecandu narkoba jenis sabu dlam kurun waktu sekitar 5 tahun.. Semenjak 1 tahun blkangan ini sy sdh brhenti total sbgai pngguna tp dampak buruknya msh sring sy alami dok baik secara fisik (lemas,loyo) maupun psikis (susah tidur,susah konsentrasi/fokus,mudah mnghayal).. Mhon pnjelasannya dok untuk sy bsa kmbali sehat dan sembuh dri dampak bruk sabu2.. Dan baiknya sy konsultasi lbh lnjut ke dokter ahli mna ? Mksh dok


    Hai Hadjir,

    Kami mengapresiasi tekad dan usaha Anda untuk menghentikan konsumsi obat-obatan terlarang. Menghentikan konsumsi narkoba secara total memang tidak mudah, namun ini menjadi langkah awal yang positif bagi Anda untuk melepaskan ketergantungan pada obat-obat terlarang yang dapat merusak kesehatan dan kehidupan Anda.

    Narkoba jenis sabu merupakan obat metamfetamin yang termasuk dalam golongan obat psikotropika. Metamfetamin dapat digunakan untuk menangani kondisi medis seperti ADHD (attention deficit hyperactive disorder), di mana penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dan dalam pengawasan ketat oleh dokter. Penyalahgunaan obat ini dapat menimbulkan adiksi dan menyebabkan efek samping jangka panjang.

    Berikut ini berbagai efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan sabu:

    - Adiksi (ketergantungan secar fisik dan mental terhadap zat adiktif)
    - Depresi
    - Gangguan cemas
    - Paranoid
    - Gangguan mood/suasana hati
    - Gangguan tidur atau insomnia
    - Impulsif atau lebih mudah melakukan tindak kekerasan
    - Kebingungan
    - Kerusakan otak
    - Perilaku psikotik
    - dan sebagainya

    Bila seseorang sudah menggunakan zat ini dalam waktu lama maka efek samping yang timbul, baik dari perubahan perilaku maupun gangguan pada otak, tentunya tidak mudah untuk dihilangkan. Untuk itu seringkali diperlukan pendampingan ahli untuk membantu pasien mengatasi kondisi ini.

    Oleh karena itu dianjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke Dokter spesialis kejiwaan (Psikiater) atau Panti rehabilitasi narkoba. Bantuan tim ahli (baik psikiater, psikolog, atau petugas medis) akan dapat menolong Anda untuk mengatasi kecanduan, menangani efek samping yang timbul, dan memperbaiki kualitas hidup Anda.

    Dekatkanlah diri pada Tuhan dan isilah waktu dengan kegiatan yang positif (misalnya menekuni hobi yang membangun, berolahraga). Hindari lingkungan dan pergaulan yang menggunakan narkoba agar Anda tidak terjerumus kembali. Dengan tekad yang kuat dan dukungan dari orang terdekat (keluarga, pasangan, kerabat, sahabat) kami percaya Anda akan dapat melewati kondisi ini dan kembali menjalani hidup sehat dan produktif.

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Narkoba bukan solusi                

    Rehabilitasi narkoba

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman