Tanya Dokter

  • Penyebab stretch mark

  •  Elsa Fitri
    Anggota
    Permisi dok, apakah kalau saat mens tidak boleh menggaruk bagian paha yang gatal? Lalu jika digaruk apakah benar akan timbul stretchmark?
    Elsa Fitri  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Elsa,

    Menstruasi memang kondisi yang memiliki berbagai pertanyaan karena banyaknya mitos atau kepercayaan mengenai kondisi ini. Meskipun demikian, tidaklah benar bahwa menggaruk bagian tubuh saat menstruasi dapat menyebabkan timbulnya stretchmark.

    Stretchmark sendiri disebabkan oleh peregangan kulit yang berlebihan akibat perkembangan tubuh dan hanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen. Dikarenakan hal inilah stretchmark paling sering dialami oleh wanita pada saat hamil ataupun orang yang mengalami peningkatan berat badan secara signifikan.

    Bila Anda mengalami kondisi ini, maka Anda dapat melakukan beberapa penanganan berikut :

    • Gunakanlah kosmetika untuk mengurangi bilur akibat stretchmark
    • Pada awal pembentukan stretchmark akan berwarna merah dan kemudian menjadi putih. Anda dapat menggunakan losion/krim antistretchmark pada saat stretchmark masih berwarna merah untuk membantu mencegah terjadinya stretchmark
    • Bila langkah diatas tidak dapat mengatasi kondis ini maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mendapat penanganan lebih lanjut seperti terapi laser ataupun operasi kecantikan
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Wanita dan stretchmark

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono